Mohon tunggu...
Dhea Marlia Rahmawati
Dhea Marlia Rahmawati Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Mahasiswa Pendidikan Tata Boga UPI

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

KKN TEMATIK UPI 2021: Menumbuhkan Minat Literasi Baca Tulis, Numerasi, dan Sains pada Siswa PAUD Bani Harun

28 September 2021   18:40 Diperbarui: 30 September 2021   14:44 72 1 2
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN TEMATIK UPI 2021: Menumbuhkan Minat Literasi Baca Tulis, Numerasi, dan Sains pada Siswa PAUD Bani Harun
Dokumen pribadi

Dikutip dari KBBI online, literasi memiliki tiga makna, pertama secara sederhana adalah kemampuan membaca dan menulis. Kedua, literasi bermakna pengetahuan atau keterampilan dalam bidang atau aktivitas tertentu. ketiga, kemampuan individu dalam mengolah informasi dan pengetahuan untuk kecakapan hidup. 

Dari penjelasan tersebut literasi tidak hanya berkaitan dengan membaca dan menulis saja. Salah satunya ada literasi dasar yang terdiri dari literasi baca tulis seperti yang telah kita ketahui, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewarganegaraan. Namun banyak orang yang menganggap bahwa literasi itu hanya membaca dan menulis saja.

Karena belum banyaknya orang mengenal bahwa literasi tidak hanya membaca dan menulis saja, membuat saya Dhea Marlia Rahmawati selaku mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia dari Program Studi Pendidikan Tata Boga Kelompok 50 KKN Tematik UPI dengan DPL Ibu Ramadita Fetrianggi, M.Ds. sedang mengikuti kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan Tema "Mengembangkan Literasi (Literasi Baca Tulis, Numerasi, Sains, Digital, Finansial, Budaya dan Kewarganegaraan) Rekognisi Meredeka Belajar Kampus Merdeka-Pusat Prestasi Nasional"  ingin mengenalkan budaya literasi khususnya di lingkungan sekolah. Sekolah sasaran saya adalah PAUD BANI HARUN yang beralamatkan di Dusun Cijambu, RT 01 RW 02, Desa Kadakajaya, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Sumedang.

Salah satu kegiatan yang saya lakukan yaitu membimbing dan mendampingi siswa dalam kegiatan belajar di sekolah setiap hari seninhingga jum'at (bila tidak ada PPL) dengan diawali setiap pembelajaran dengan membaca Iqra. 

Jadwal kegiatan belajar di PAUD BANI HARUN setelah membaca Iqra, yaitu untuk hari senin belajar mengenal huruf serta menulisnya, hari selasa belajar mengenal huruf serta menulisnya dan mewarnai gambar, hari rabu belajar mengenal angka serta menulisnya dan berhitung, hari kamis belajar mengenal lingkungan dan olahraga, dan hari jum'at belajar mengenal huruf hijahiyah serta menulisnya dan belajar melaksanakan salat.

Selain program tersebut saya juga melakukan bimbingan orang tua siswa melalui grup WhatsApp dengan memberikan materi terkait menumbuhkan minat membaca anak dan cara mengontrol emosi orang tua, membantu guru dalam mendesain media pembelajaran berbentuk video pembelajaran yang berhubungan dengan literasi, serta memberikan buku non pelajaran yaitu buku cerita untuk anak PAUD kepada guru.

Dengan diadakannya kegiatan ini  diharapkan dapat mengenalkan dan mengembangkan minat siswa khususnya siswa PAUD BANI HARUN terhadap literasi.  

Mohon tunggu...

Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan