Mohon tunggu...
Mohamad Dhani Karim
Mohamad Dhani Karim Mohon Tunggu... Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwiata Trisakti Jakarta

Hi,Saya Mohamad Dhani Karim Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Dari D4 Perhotelan 2019,dan saya salah satu Mahasiswa Penerima Beasiswa Prestasi STP Trisakti 2019.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Kue Cara Isi Khas Gorontalo, Menikati Perpaduan Manis Pedasnya

5 Maret 2021   11:50 Diperbarui: 5 Maret 2021   12:00 256 6 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kue Cara Isi Khas Gorontalo, Menikati Perpaduan Manis Pedasnya
cara isi kue khas gorontalo (Dokpri)

Hi,saya Mohamad Dhani Karim, Mahasiswa Beasiswa STP Trisakti 2019. Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kita semua

selamat membaca teman"

cara isi begitulah  warga gorontalo menyebutnya . kue ini cukup terkenal di serambi madinah ini cemilan favorit saat berbuka puasa ataupun sedang minum teh, rasanya yang begitu  lembut dan manis.

cara isi atau yang kita kenal dengan kue lumpur ini, merupakan kue tradisional yang resepnya di wariskan turun temurun. Tetapi seiring berjalannya  waktu, pembuatan kue cara isi mendapatkan perubahan.
meskipun kue rasanya manis, kue cara isi ini ternyata dibuat berbahan dasar ikan tuna yang disuwir suwir tipis. Ikan itu dimasukan ke dalam adonan kemudian dikukus hingga matang. Dan pada akhir kue diberi toping daun seledri dan irisan cabe.
 
rasanya yang lembut membuat kue ini pun menjadi buruan para wisatawan yang datang ke gorontalo. Mmereka menjadikan cemilan ini sebagai bekal saat berkunjung di tempat wisata gorontalo atau dibawah pulang sebagai oleh oleh.

yang nikmat pada kue ini adalah perpaduan antara rasa manis dan pedas, serta  nikmatnya isian ikan tuna didalamnya.  Kuliner yang satu ini patut untuk dilestarikan sebagai promosi wisata kuliner gorontalo, karena jika tidak dipertahankan  maka akan tergerus oleh olahan kue lainnya yang berkembang pesat .
kalian tergiur dan penasaran gimana rasanya? . Tenang !  jangan takut saat pamdemi ini kalian tidak bisa berwisata ke gorontalo, kalian ingin merasakannya? Bisa buat sendiri kok dirumah dengan bahan seadanya. Berikut adalah bahan dan cara pembuatanya.

Bahan bahan
- bahan kue
   150 gram tepung terigu
    75 gram gula
    2 butir telur ayam
    500 ml santan
- bahan isi
   500 gram ikan cakalang (tuna), yang sudah dikukus dan disuwir suwir
   5 butir bawang werah
   5 butir bawang putih
   5 buah cabe rawit
   5 buah cabe keriting
   1 sdt lada
   2 sdm margarin
   1 ikat kemangi
   2 smd penyedap rasa
- pelengkap
  2 buah cabe merah (disiris serong)
  1 ikat daun seledri

cara membuat :

1.Tumis bumbu halus sampai wangi, masukkan ikan cakalang suwir tambahkan penyedap aduk hingga rata,masukan kemangi aduk rata sebentar, matikan kompor , sisihkan.
2.Kocok telur dan gula pasir sampai gula larut, disini saya menggunakan balon whiks.
masukan tepung terigu sedikit demi sedikit secara bergantian dengan santan aduk sampai semua bahan tercampur rata, biar menghasilkan tektur adonan yang halus, lalu adonan disaring.
3.Panaskan cetakan khusus kue cara isi (bisa diganti dengan cetakan martabak mini) olesi dengan margarin, tuangkan satu sendok sayur adonan ke dalam cetakan, (jangan sampai penuh saat mengisi adonan nanti bisa meluber  karena masih akan ada tambahan   dengan bahan lainnya) tutup cetakan, tunggu sampai kue setengah matang, setelah itu masukkan bahan isi,irisan cabe dan irisan daun sekedri ke atas kue, tutup kembali dan masak hingga matang. Lakukan sampai adonan habis dan selesai.
4.Keluarkan adonan dari celatak dan tunggu hinga dingin. Kue cara isi siap dinikmati.

selamat mecoba teman teman semoga bermanfaat
terima kasih telah membaca.

Hi,saya Mohamad Dhani Karim, Mahasiswa Beasiswa STP Trisakti 2019. Semoga apa yang saya bagikan disini bermanfaat untuk kita semua

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x