Kesehatan

5 Makanan Untuk Mengurangi Rasa Sakit Saat Menstruasi

4 Oktober 2018   16:05 Diperbarui: 4 Oktober 2018   16:13 365 0 0


Menstruasi adalah saat dimana wanita berada dalam kondisi buruk. Baik suasana hati yang  tidak menentu dan keadaan kesehatan tubuh yang tidak baik.


Biasanya nafsu makan akan meningkat saat menstruasi. itu karena karena hormon yang berfluktuasi. Wanita sering mengeluhkan hal ini, berbagai carapun telah dilakukan untuk mengatasi masalah ini. salah satunya menjaga pola makan agar dapat menyeimbangkan kestabilan hormon. Di kutip dari CNNIndonesiaBerikut adalah tujuh makanan yang pengaruhi siklus menstruasi.


1. Pisang
mengkonsumsi pisang di yakini bisa melancarakan menstruasi. selain itu, pisang  kaya zat magnesium berfungsi untuk mengurangi retensi atau penahanan cairan selama menstruasi, serta dapat mengatur suasana hati agar tampak bahagia dan meningkatkan hormon serotonin. Pisang juga ampuh mengurangi rasa nyeri yang muncul saat menstruasi.


2. Brokoli
Brokoli adalah sayuran yang tinggi akan serat, sayuran ini juga berfunsgi untuk mengurangi perut kembung saat menstruasi.Karena brokoli memiliki kandungan air yang tinggi sebesar 91 persen,maka sayuran ini mampu mengurangi gas dan lemas yang dirasakan.


3. Telur
Makan telur saat menstruasi dapat menggantikan darah yang hilang. Karena bagian kuningnya dengan bagian Kuning telur mengandung kalsium dan zat besi. Sementara bagian putihnya, 50 persen mengandung tinggi protein. serta dapat menjaga sistem kekebalan tubuh. Telur dapat memperbaiki mood buruk saat menstruasi dan mengurangi kram perut saat menstruasi.


4. Salmon
Salmon  mengandung asam lemak omega tiga dapat meringankan gejala saat PMS. fungsi lemak omega yaitu dapat mengurangi inflamasi saat menstruasi. sehingga masalah bengkak, rasa sakit, serta kram dapat berkurang.


5. Quinoa
Quinoa adalah sejenis biji-bijian. biji-bijian mengandung vitamin B, serat dan protein yang tinggi. Di dalam quinoa terkandung  Karbohidrat, mengandung zat besi dan vitamin B12 tinggi  dapat mengatur suasana hati dan meningkatkan energi.