Mohon tunggu...
Putri Dewi
Putri Dewi Mohon Tunggu... Seniman - Pengajar, Penari dan penulis puisi

Menulis adalah jiwa yang berkembang

Selanjutnya

Tutup

Puisi

Puisi: Aku adalah Kamu, Kamu adalah Aku

13 Juli 2020   21:15 Diperbarui: 13 Juli 2020   21:19 108
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber:www.pixabay.com

Hai kawan,  kau kah itu yang bersembunyi di balik lorong waktu?
Masih menyelami sekaligus mencerna tiap bait cerita dunia?
Baik. Mungkin nanti aku akan bercerita kepadamu, bagaimana mendaki pengetahuan dan terjun ke kawah pengalaman. Dan tentunya aku juga akan bertanya, apa yang menempamu hingga kau menjadi berlian.

Aku sedikit berbagi nafas cerita panjang, kawan. Bahwa aku mendaki lorong-lorong gelap hingga menemukan wahana cerah nan mulia, untuk menerima jatuhnya buah pengetahuan. Ribuan pengetahuan ku rangkum menjadi satu dalam wadah yang tak terbatas sisi-sisinya. Kau pun juga, kawan.

Menuju kawah pengalaman bukan perkara mudah. Aku berusaha menyingkap sisi gelap yang menghalangi langkah. Memperlengkapi diri dari ancaman taring buas pemakan darah. Dan merdeka di atas kejayaan yang dibuat dari keringatku. Dan yang terpenting, jiwamu mendukung jiwaku.

O ya, kawan. Kita sama-sama menganyam pengetahuan menjadi bentuk-bentuk rupawan. Kulihat kau memahatnya pula menjadi arca-arca yang ada di meja persembahan. Kita juga mewarnai, memberi rasa, dan dunia bergembira.

Rupanya waktu telah bergulung tanpa tahu kapan berhenti. Pengalaman telah kita makan meski tanpa kenyang. Tanpamu, kejayaanku hanyalah angan yang lenyap ibarat debu malam hari. Bersamamu, aku seolah padi yang memberi harapan pada petani. Aku adalah kamu, dan kamu adalah aku.

Yogya, 13 Juli 2020

Mohon tunggu...

Lihat Konten Puisi Selengkapnya
Lihat Puisi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun