Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... Dosen - bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Pilihan

Inovasi Luar Biasa: "Mag Fire" Karya Mahasiswa SBM ITB

7 Juni 2022   11:20 Diperbarui: 12 Agustus 2022   08:37 880
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Uji coba Mag Fire kompor surya karya Ibrahim mahasiswa MBA SBM ITB. Dokumen pribadi.

Polusi karbon dan kerusakan lingkungan yang timbul dari mendapatkan, mengolah, dan mendistribusikan bahan bakar untuk memasak  menjadi alasan kuat bagi lahirnya karya inovasi Mag Fire yang luar biasa.

Kompor surya yang dibuat oleh mahasiswa MBA SBM ITB bernama Ibrahim Rasyid Ridho Rusydi (Ibrahim, 26 tahun) ini membuat dewan juri dan mentor dalam sebuah lomba inovasi kepincut. Mag Fire adalah nama yang diberikan Ibrahim untuk kompor yang memanfaatkan energi matahari untuk memasak. Semangat untuk ikut andil dalam menyelamatkan bumi dari bahaya pemanasan global dan memberikan solusi untuk energi terbarukan patut dicontoh oleh anak muda di Indonesia.

Ibrahim yang sedang menempuh pendidikan pascasarjana bidang entrepreneurship ini memiliki ketertarikan pada dunia usaha. Sejak masih menjadi mahasiswa S1 di Fakultas Peternakan Unpad, ia telah memiliki usaha peternakan ayam kampung dan olahan ayam ungkep yang dimasaknya sendiri. Lalu, ia merambah juga usaha reseller produk makanan beku ayam kampung khas bumbu nusantara. Ayam Kalasan, Betutu, Rica-rica, Woku, dan Goreng Lengkuas menjadi ajang mengenalkan kuliner tradisional Indonesia yang kaya akan bumbu alami di The IR Store.

Pendidikan dasar menengah Ibrahim di tempuh di SD Islam Al-Falah, SMP Islam PB. Soedirman Jakarta, dan SMA Incen Sekar Kemuning Islamic Boarding School (SK IBS) Cirebon. Jiwa entrepreneur sepertinya sudah mulai sejak dini. Saat menjadi siswa di boarding school, ia sudah senang berorganisasi dan berjualan kopi seduh atau snack serta ikut mewakili sekolah dalam pelatihan kewirausahaan se-Wilayah 3 Cirebon. Saat SD dan SMP pernah jualan popcorn, snack, dan menyewakan komik.

Ibrahim mengikuti ajang kompetisi yang diadakan oleh Shell LiveaWIRE tahun 2022. Dokumen pribadi.
Ibrahim mengikuti ajang kompetisi yang diadakan oleh Shell LiveaWIRE tahun 2022. Dokumen pribadi.

Minatnya pada dunia kuliner dan keinginannya untuk ikut menghadirkan masa depan bangsa yang lebih baik melalui inovasi Energi Terbarukan ternyata bisa terwujud melalui Mag Fire. Shell Indonesia terus berkomitmen untuk mendorong wirausahawan muda Indonesia tetap berinovasi dan mengembangkan berbagai ide/bisnis di sektor energi terbarukan melalui program Shell LiveWIRE Energy Solutions. Dari program ini telah lahir banyak inovator-inovator muda yang meramaikan industri di sektor energi terbarukan. 

Ibrahim senang memasak dan belajar secara otodidak. Dokumen pribadi.
Ibrahim senang memasak dan belajar secara otodidak. Dokumen pribadi.

Melalui kanal Youtube miliknya dengan 8ribu lebih subscibe ini dibagikan informasi terkait Mag Fire. Selain itu Ibrahim juga melakukan demo masak menggunakan Mag Fire di beberapa lokasi untuk memberikan edukasi kepada masyarakat terutama anak muda agar memiliki semangat terlibat dalam program inovasi energi terbarukan ini. Mag Fire telah dipakai memasak telur ceplok di kampus Universitas Catur Insan Cendikia (UCIC) Cirebon. Juga memasak air panas untuk menyeduh kopi dan teh di desa Gandasoli kaki gunung Ciremai Kuningan. Mag Fire berhasil digunakan untuk memasak mie goreng dan siomay di desa Cibeunying Kidul Bandung. Ibrahim melakukan juga percobaan memasak bakso goreng di Musafir Guest House Solo.


Ibrahim mengatakan untuk mereka yang sering memasak, ingin menurunkan carbon foot print, dan ingin menghemat biaya gas maka Mag Fire hadir sebagai solusi. Untuk memvalidasi hal tersebut, ia telah melakukan survey kepada 70 orang, engagement Instagram 542, dan mini demo ke lebih dari 10 komunitas. Diharapkan ke depannya Mag Fire akan lebih menjangkau kalangan luas di Indonesia dengan mitra utama Toko Ec0-Frendly baik secara online ataupun offline. Toko ini akan dikembangkan dengan tema Eco-Friendly dan Sustainability Store. Namun tidak menutup kemungkinan Mag Fire bekerja sama dengan perusahaan yang ingin menyalurkan dana CSR (Coorporate Social Responsibility) bagi masyarakat yang membutuhkan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun