Mohon tunggu...
dewi laily purnamasari
dewi laily purnamasari Mohon Tunggu... bismillah ... love the al qur'an, travelling around the world, and photography

iman islam ihsan

Selanjutnya

Tutup

Foodie

Khasiat Pete Dibalik Baunya

18 Januari 2021   09:13 Diperbarui: 17 April 2021   09:34 90 7 2 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Khasiat Pete Dibalik Baunya
Borong pete di pasar tradisional bareng sahabatku. Mbok penjualnya aku ajak berfoto nih.

'Yaaa ampuuunnn! ... Cantik-cantik kok suka pete ?', tetiba seorang teman protes ketika aku upload foto pete serenteng. Lain waktu ada yang ketawa ngakak saat aku pesan pete goreng di rumah makan, 'Ha3 ... Baru tau ternyata Mba Dewi suka pete. Gak takut kebauan ya ?!' aku cuma senyum-senyum. Iseng aku bilang, 'Gampang kok ilangin bau pete. Hhhmmm ... Makan aja jengkol. Ha3 ...'.

Aku mulai diajari makan pete itu umur 5 tahun. Entah gimana ? Pas lihat kakekku makan segala sayuran mentah termasuk pete rebus terbit air liurku. Lalu nenekku menyuapi aku ikan gurame goreng dan secuil pete. Ternyata aku doyan dan tambah lahap makannya. Jadi sejak itu kalau ada masakan yang ada petenya, aku akan cuil-cuil ambil petenya. 

Mamahku suka masak cumi asin yang gemuk ada telurnya dicampur pete. Bumbunya cabe, tomat, bawang merah - putih, garam, gula, sedikit penyedap atau terasi. Waaahhh ... Sedap banget! Bisa nambah terus makannya. Lauk lain bakalan lewat tidak disentuh. Satu lagi masakan yang enak bila ditambahkan pete. Sambel goreng ati sapi. Maakkknyyuuusss ... Pedas, manis, dan baunya menggoda selera.

Sayang seribu sayang ... Sekarang dikeluarga kecilku yang suka pete hanya aku seorang. Ternyata 4 orang lainnya belum ada yang suka, malah cenderung menghindari makan pete. Hiiikssss ... Padahal sudah aku rayu-rayu, terutama Teteh si bungsu. 'Teh ... Ayo icipin petenya enak banget loh!' kataku sambil menyuapkan nasi hangat dan pete rebus cocol sambal terasi'. Dia hanya geleng-geleng kepala.

Untunglah suamiku tidak keberatan aku makan pete ha3 ... Adakah teman K-ners yang juga suka pete ? Oya ... Aku pernah seseruan bareng sahabat, belanja pete di pasar tradisional, trus berfoto bareng penjualnya. Dia bilang, 'Neng ... Pete banyak khasiatnya. Anti kencing manis loh!' Sahabtku yang humoris itu bilang, 'Iya lah Mbok ... Kita kan udah manis ha3 ...'.

Khasiat pete diantaranya  : 

  • Mengontrol gula darah dan mengatasi diabetes
  • Mencegah penyakit jantung
  • Menurunkan tekanan darah dan mencegah hipertensi
  • Mengurangi kolesterol.
  • Meredakan stres dan depresi.
  • Mencegah anemia dan mengobati nyeri haid
  • Menjaga kesehatan lambung, menghindari sembelit, dan diare
  • Kaya vitamin C untuk kesehatan gusi dan mulut
  • Kaya antioksidan untuk mencegah radikal bebas penyebab kanker

Ada juga yang menulis salah satu khasiat pete adalah mengurangi berat badan. Kalau aku sih dengan makan pete malah sedikit menambah berat badan. Lah makannya jadi gembul ha3 ...

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x