Wisata Pilihan

Kemping di Situ Patenggang, Ciwidey

14 Januari 2018   14:10 Diperbarui: 18 Februari 2018   14:00 676 3 1
Kemping di Situ Patenggang, Ciwidey
Arsip pribadi

Anak jaman now liburan menginap di hotel ?! Itu sudah biasa. Teteh Maryam Aliyya Al Kindi  berlibur di Ciwidey Bandung Selatan. Kami memilih kemping di area bukit sekitar Situ Patenggang. Mengapa kemping? Iya lah... Aku ini mantan anak pramuka yang hobinya berkemah. Jadi cara menularkan hobi kepada Teteh adalah dengan cara mengajaknya menikmati suasana alam dan bersyukur atas karunia Allah Yang Maha Baik lagi Maha Pemurah.

Arsip pribadi
Arsip pribadi
Hamparan hijau kebun teh mengelilingi beningnya danau purba Situ Patenggang sangat menarik hatinya. Iya loh! Sejak keluar tol Soroja, Teteh sudah tak sabar segera sampai di tempat yang sempat aku ceritakan sebagai lokasi pelantikan unit kegiatan mahasiswa renang dan polo air ITB. Jaman kuliah dulu hi3 ... Aku di suruh renang dini hari di Situ Patenggang yang pastilah airnya sedingin air dari lemari es bbbrrr..
ciwidey6-5a5b0029cbe5230f46433343.jpg
ciwidey6-5a5b0029cbe5230f46433343.jpg
Area sekitar Situ Patenggang saat itu sudah ramai. Maklumlah liburan akhir tahun menjadi ajang libur keluarga. Teteh bisa menikmati perahu dayung  dan perahu motor untuk berkeliling situ. 

Udara sejuk, angin semilir, hijaunya pepohonan, dan riak air menambah bahagia Teteh. Sore hari kami menuju tenda yang sudah dipersiapkan oleh penjaga lokasi perkemahan. Aku memilih tenda paling ujung dengan view terbaik.

Arsip pribadi
Arsip pribadi
Masya Allah... Malam hari yang syahdu. Hanya bunyi hewan malam, bintang dan bulan menemani kami. Tenang ... Damai ... Tentu saja sangat ... sangat ... sangat dingin. Jaket, kaos kaki, kaos tangan, jilbab, dan selimut membuat tidur malam Teteh lebih hangat. Menjelang subuh Teteh bangun dan bersiap shalat berjamaah. 

Aku ajak Teteh menuju bukit di sebelah lapangan perkemahan. Memandang ke arah lembah yang masih dipenuhi kabut. Mentari pagi perlahan menerangi hingga kabut pun pergi sembari menitipkan wangi dedaunan dan dahan pinus. Alhamdulillah

Arsip pribadi
Arsip pribadi
Situ Patenggang adalah lokasi wisata favorit di Bandung Selatan. Ada jembatan melintasi danau menuju sisi lain dan menjadi lokasi foto yang instagramable. 

Pengelola kawasan membangun icon baru berupa bangunan kapal terbuat dari konstruksi baja dan kayu. Bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner di atas restoran kapal tersedia beragam menu dengan harga terjangkau. Begitupun di kios-kios sekitar kebun teh banyak dijajakan makanan dan minuman yang murah meriah.

Arsip pribadi
Arsip pribadi
Sore hari, Teteh terpesona dengan suasana tenggelamnya sang surya. Langit perlahan berganti warna. Biru, kuning, jingga, merah lembayung, hingga gelap menyelimuti.

Suara adzan magrib terdengar sayup ... Segera kami menuruni bukit dan mengambil wudhu. Tafakur alam adalah cara terbaik yang aku pilihkan untuk Teteh belajar dan mengenal Allah Yang Maha Pencipta lagi Maha Mulia.