Mohon tunggu...
Dewi Esri Lestari
Dewi Esri Lestari Mohon Tunggu... Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Mahasiswi Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

5 Tips Belajar untuk Meningkatkan Kompetensi Diri

13 Agustus 2020   12:39 Diperbarui: 13 Agustus 2020   12:52 99 3 0 Mohon Tunggu...

Mengalami masa pandemi saat ini, setiap pelajar diharuskan melakukan pembelajaran di rumah. Aktivitas yang biasanya lebih banyak dilakukan di luar sekarang harus lebih banyak di lakukan di rumah. Hal ini lah yang terkadang membuat pelajar merasa tidak produktif serta timbul rasa bosan dan malas belajar. 

Dengan adanya pandemi Covid-19 ini memang cara belajar menjadi berbeda dengan cara belajar seperti biasanya yang dilakukan di sekolah. Oleh karena itu, untuk dapat terus meningkatkan kemampuan diri dalam belajar meski di rumah aja serta memahami pelajaran dengan baik. Maka perlu ada cara-cara tertentu yang perlu dilakukan. Berikut cara-cara yang harus dicoba oleh pelajar ketika belajar di rumah:

1. Kesungguhan hati

Seorang pelajar harus bersungguh hati dalam belajar dan hendaknya kesungguhan itu terus ada dalam hati pelajar. Belajar dari rumah memang kadang menumbuhkan rasa bosan dan malas belajar, karena merasa tidak ada yang mengawasi serta gerakan "rebahan" begitu melekat dalam masa pandemi ini.

Oleh sebab itu, kesungguhan hati perlu dimiliki. Motivasi dari diri sendiri dan dari lingkungan sekitar menjadi faktor yang mendukung pelajar dalam meningkatkan kompetensi dirinya.

Jika kesungguhan hati dan kerja keras terus mengiringi dalam belajar yang dilakukan pasti ilmu akan didapatkan. Sejauh mana kepayahan yang dihadapi seseorang maka sebesar itu pula tercapai keinginannya.

2. Belajar dari yang mudah dipahami

Dalam buku Ta'lim Muta'allim yang dikarang oleh Syaikh Zarnuji kemudian diterjemahkan oleh Drs. H. Aliy As'ad, M.M. Dijelaskan "Sebaiknya ukuran pelajaran bagi murid pemula adalah sepanjang yang bisa ia hafal dengan mengulang dua kali, kemudian ditambah sedikit demi sedikit pada setiap hari sehingga setelah belajar menjadi banyak dan panjangpun bisa dihafal dengan mengulang dua kali, dengan demikian lambat laun pelajaran akan bertambah setapak demi setapak".

Dari kutipan tersebut dapat dipahami bahwa dalam belajar tidak secara otomatis langsung bisa memahami suatu bidang studi tapi perlu adanya langkah demi langkah yang harus diikuti. Hal ini lah yang perlu diperhatikan oleh setiap pelajar bahwa dalam memahami suatu bidang studi perlu mengetahui dasarnya terlebih dahulu. Maka, mulai belajarlah dari hal mendasar dalam pelajaran tersebut dengan memanfaatkan sumber belajar yang ada.

3. Hindari stress

Belajar di rumah terkadang membuat kita mengalami tekanan atau stress.  Hal ini disebabkan karena tidak bisa memahami pembelajaran yang diberikan guru atau kurangnya fasilitas yang mendukung memahami pembelajaran tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN