Mohon tunggu...
Dewi Puspasari
Dewi Puspasari Mohon Tunggu... Penulis dan Konsultan TI

Suka baca, dengar musik rock/klasik, & nonton film unik. Juga nulis di https://dewipuspasari.net dan www.pustakakulinerku.com

Selanjutnya

Tutup

Film Pilihan

"Ma Rainey's Black Bottom", Artistik dan Akting Pemain yang Mumpuni

12 April 2021   13:13 Diperbarui: 12 April 2021   13:27 72 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
"Ma Rainey's Black Bottom", Artistik dan Akting Pemain yang Mumpuni
Ma Rainey dan bandnya saat melakukan sesi rekaman dalam film (usatoday.com)

Euforia Oscar sudah mulai nampak, meskipun pengumuman piala Oscar baru dihelat pada 25 April mendatang. Salah satu film Oscar yang ramai dibahas adalah film terakhir 'sang Raja Wakanda', Chadwich Boseman, dalam "Ma Rainey's Black Bottom. Film ini berhasil meraup lima nominasi Oscar, dua di antaranya untuk kategori aktor dan aktris terbaik.

Bagi yang suka film biopik dan genre musikal maka film ini memang bisa jadi rekomendasi tontonan. Film ini mengisahkan sosok Ma Rainey, seorang legenda penyanyi blues, yang populer pada akhir tahun 20-an.

Dikisahkan pada 2 Juli 1927 Ma Rainey dijadwalkan untuk melakukan proses rekaman di studio Paramount di Chicago. Anggota bandnya telah datang, tapi Ma Rainey terlambat datang hingga satu jam.

Ma kemudian mengalami bad mood sejak ia tiba. Ia memaksa keponakannya, Sylvester, ikut terlibat di proses perekaman untuk menyampaikan kalimat pembukaan. Ia juga meminta dibelikan minuman bersoda.

Proses rekaman mengalami kendala hingga anggota band merasa frustasi. Konflik lalu makin dipertajam oleh sikap pemain terompet berbakat namun temperamental, yakni Levee Green (Chadwich Boseman).

Film Artistik dengan Kualitas Akting Mumpuni

Aku tertarik menyaksikan film ini setelah sejak perilisannya di Netflix pada bulan Desember, seusai tayang terbatas, langsung mendulang pujian dan digadang-gadang masuk Oscar. Rupanya memang benar, film ini mendapatkan banyak penghargaan, terutama dari sisi akting.

Chadwich Boseman yang namanya menanjak sejak membintangi "Black Panther" memang tampil gemilang di sini sebagai pemain terompet berbakat. Ia tampil lebih ramping di sini. Kemampuan bermain terompetnya nampak alami. Dialognya juga rapat dan panjang-panjang, pastinya menghafalnya juga sulit.

Chadwich bersinar di sini (sumber:netflixlife.com)
Chadwich bersinar di sini (sumber:netflixlife.com)
Ia mendapatkan predikat aktor terbaik di ajang Golden Globe Awards 2021. Namanya juga masuk di nominasi Oscar, bersaing dengan Gary Oldman ("Mank"), Anthony Hopkins ("The Father"), Steven Yeun ("Minari"), dan Riz Ahmed ("Sound of Metal").

Penampilan Viola Davis di sini sebagai legenda blues juga tak kalah menawan. Ia seperti diva, dengan aura bintangnya yang bersinar saat ia bernyanyi.

Meski Viola tak bernyanyi dengan suaranya sendiri di sini, melainkan dibawakan oleh Maxayn Lewis, namun penampilannya yang menyakinkan sebagai diva blues patut diapresiasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x