Mohon tunggu...
Devtiana MarcheliaArdang
Devtiana MarcheliaArdang Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Jurusan Ilmu Kelautan UNDIP

Nama saya Devtiana Marchelia Ardang, Hobby saya suka memasak dan traveling

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Mahasiswa KKN Undip Ubah Tepung Rumput Laut Menjadi Jelly untuk Penuhi Kecukupan Gizi di Saat Pandemi

2 Agustus 2021   17:09 Diperbarui: 2 Agustus 2021   18:56 70 2 0 Mohon Tunggu...

Sukorejo, Semarang (10/7), Mahasiswi Universitas Diponegoro yang tergabung dalam Tim II KKN Undip 2021 membuat sebuah program "Pengolahan Makanan Jelly dari Karagenan untuk Memenuhi Kecukupan Gizi Keluarga dengan Mengoptimalkan Media Sosial, Media Cetak dan Melakukan Edukasi kepada Masyarakat" di lingkungan RW 08 Kelurahan Sukorejo, Kecamatan Gunung Pati, Kota Semarang. 

Program ini dilaksanakan oleh Devtiana Marchelia Ardang, Mahasiswi Program Studi Ilmu Kelautan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro. 

Program ini dilaksanakan dalam rangka KKN Tim II Undip yang dilaksanakan secara mandiri di tengah masa pandemi dengan tema KKN yang dibawa yaitu "Sinergi Perguruan Tinggi dengan Masyarakat di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis pada Tujuan Pembagunan Berkelanjutan (SDGs) Melalui Kegiatan Kuliah Kerja Nyata".

Pandemi yang sedang melanda seluruh dunia menuntut masyarakat untuk menjalankan pola hidup bersih dan pola hidup sehat. Jika dianalisis lebih dalam, tentunya hal tersebut memberikan dampak positif karena jika kita dapat menjaga pola hidup bersih dan pola hidup sehat maka penyakit akan menjauh dari tubuh kita. 

Namun, apakah cukup hanya dengan menjaga pola hidup bersih dan pola hidup sehat saja?

Melihat kondisi yang ada, mahasiswa KKN Undip II Desa Sukorejo mencoba mengenalkan kepada masyarakat setempat untuk pengembangan program desa yaitu pengolahan makanan jelly dari karagenan sebagai pemenuhan kecukupan gizi keluarga dengan mengoptimalkan media sosial, media cetak dan melakukan edukasi terhadap masyarakat. Pola hidup sehat sangatlah penting di masa sekarang ini. 

Kenapa sangatlah penting? Karena Salah satu bentuk upaya untuk meminimalisir kemungkinan terjangkit penyakit adalah dengan menjaga pola makan dan memenuhi gizi yang cukup. Program pengolahan jelly dari karagenan ini merupakan salah satu program yang mendukung kecukupan gizi keluarga di saat massa pandemi. 

Rumput laut yang digunakan adalah Eucuheuma cottonii dimana rumput laut ini dapat diolah sebagai polisakarida atau sering disebut juga tepung karagenan. Tak hanya itu, karagenan juga merupakan bahan alami dalam pembuatan makanan yang paling direkomendasikan karena Karagenan dapat meningkatkan emulsi daging dengan cara mengikat air yang terdapat dalam jaringan protein dan kemampuannya dikatakan lebih baik daripada interaksi kimia antara air dengan protein. 

Hal ini  menjadikan alasan olahan rumput laut yaitu karagenan tersebut dijadikan sebagai bahan pengenyal pembuatan makanan yang  berbahan dasar alami.

 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN