Mohon tunggu...
Devita Fujiyanti
Devita Fujiyanti Mohon Tunggu... Mahasiswi Aktif

Mahasiswa Psikologi Universitas Aisyiah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Tren Hobi 2021, Agar Tetap Produktif dan Sehat Selama Pandemi Covid-19

31 Desember 2020   14:00 Diperbarui: 31 Desember 2020   15:19 664 5 3 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Tren Hobi 2021, Agar Tetap Produktif dan Sehat Selama Pandemi Covid-19
hobi-berbeda-5feb63c88ede4807b5289632.jpg

Hai Kompasianers! Selama pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sejak Februari 2020, rutinitas apa saja nih yang sudah kamu lakukan saat #Dirumahsaja agar tetap produktif? Seperti yang kita ketahui, pasti kita semua terkena dampak Covid-19 ini, mulai dari pelajar yang diharuskan sekolah daring, mahasiswa berkuliah daring, atau bahkan bekerja dari rumah. Tentunya seiring dengan penerapan tatanan normal baru, kita sebagai masyarakat Indonesia tentunya harus menyesuaikan rutinitas dan gaya hidup yang dilakukan sehari-hari dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Nah, perubahan gaya hidup dan rutinitas di tatanan normal baru pastinya membawa perubahan tren hobi. Melakukan hobi dipercaya dapat menurunkan dan mengurangi tingkat stres, karena melakukan hobi dan segala rutinitas positif dapat memberikan ketenangan batin dan menurunkan tekanan darah. Tentunya jika hobi dapat mengurangi tingkat stres, kita pun akan lebih bahagia, lega, nyaman, bisa mengatur emosi, mengalihkan perasaan cemas, juga dapat meningkatkan kualitas tidur kita. Jadi di masa pandemi, selain kita harus meningkatkan imunitas tubuh untuk menjaga kesehatan fisik, kita juga harus menyeimbangkan kesehatan mental. Berikut ini beberapa tren hobi new normal yang bisa kamu lakukan untuk mengisi waktu luang saat bosan di rumah saja loh!

1.Membaca

Selain dapat mengasah otak, membaca adalah salah satu media untuk menambah wawasan dan pengetahuan. Membaca juga dapat merangsang saraf otak untuk bekerja lebih baik sehingga dapat terhindar dari resiko alzheimer dan hilang ingatan karena membaca dapat membuat kita memiliki daya ingat tinggi. Ketika kita menerima informasi baru dari suatu bacaan, otak akan membuat ruang baru untuk menyimpannya. Sehingga kapasitas otak pun bertambah dan membuat kita bisa berpikir kritis, analitis, juga terbuka dan luas terhadap cara pandang. Orang yang hobi membaca akan lebih mudah fokus dan berkonsentrasi dalam melakukan rutinitas sehari-hari. Manfaat membaca lainnya yaitu dapat menambah pembendaharaan kata, bahkan kosa kata bahasa asing sekalipun. Untuk mendapatkan pengetahuan baru, kamu bisa membaca materi pelajaran dan artikel. Ataupun jika sekedar untuk hiburan, kamu bisa membaca novel ataupun serial komik daring seperti webtoon yang sedang digemari para remaja belakangan ini untuk mengisi waktu luangnya. Hobi membaca ini sangat praktis untuk dilakukan di masa pandemi, karena sesuai dengan anjuran pemerintah untuk tetap di rumah saja.

2. Menonton

Selain hobi membaca, hobi menonton juga bisa dilakukan saat kita di rumah saja loh! Kamu bisa memilih genre film yang kamu sukai seperti horror, komedi, romantis, apalagi kamu bisa menemukan referensi film dengan mudah di internet seperti Netlix ataupun Youtube. Dengan kemudahan ini, kamu bisa menonton film sepuasnya tanpa harus ke bioskop. Jika kamu hobi menonton film yang sama berulang kali, mungkin saja karena kamu telah melewatkan adegan tertentu, film tersebut dimainkan oleh aktor favoritmu sehingga kamu tidak fokus dengan jalan ceritanya, belum menangkap dan memahami maksud dan alur filmnya, punya kenangan manis saat menonton film tersebut, atau memang film tersebut memiliki pesan moral dan alur yang tidak membosankan. Kalau alasanmu yang mana nih? Selain menjadi hiburan, film dapat menginspirasi dengan memberi kita pandangan sekilas tentang kebenaran sederhana kehidupan dalam perspektif yang berbeda, menjadi alat terapi bagi pasien, media untuk melupakan patah hati karena putus cinta, dan juga dapat meningkatkan kesadaran kita tentang isu-isu tertentu karena film membantu dan bekerja dalam menyampaikan pesan penting kepada masyarakat dengan cara yang menghibur dan menyenangkan.

3.  Berolahraga

Di masa pandemi ini, selain kesehatan mental, tentu kesehatan fisik sangat diperlukan. Nah, hobi berolahraga ini perlu dkembangkan untuk meningkatkan imunitas tubuh kita di masa pandemi agar tidak mudah tertular penyakit. WHO merekomendasikan agar masyarakat berusia 18-64 tahun melakukan  olahraga setidaknya minimal 30 menit per hari, selama lima kali dalam seminggu  atau minimal 75 menit olahraga berat setiap minggunya. Ada banyak jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti aerobik, lompat tali, berenang, angkat beban, yoga, senam lantai, jogging, ataupun tren bersepeda yang belakangan ini sedang naik daun. Tentunya berolahraga di masa pandemi harus tetap mematuhi protokol kesehatan yang ada ya! Dengan tidak bekerumun, menjauhi keramaian, menjaga jarak, memakai masker, selalu sedia hand sanitizer, rutin mencuci tangan, juga menjaga asupan nutrisi yang kita konsumsi. Bahkan jika perlu, olahraga tersebut dilakukan di rumah saja dan konsumsi air putih yang cukup sebanyak 2,5 liter setiap harinya.

4. Bercocok Tanam atau Berkebun

Selama di rumah saja, kamu juga bisa loh mengikuti tren berkebun di masa pandemi. Kamu bsia menanam dan merawat tanaman sayur-sayuran, buah-buahan atau bahkan bunga untuk mengisi lahan kosong di rumahmu! Belakangan ini sedang tren menanam sayuran hidroponik loh! Selain media tanamnya yang mudah, tidak memerlukan lahan khusus, tentunya sayuran hidroponik yang kita hasilkan sendiri akan lebih higienis, lebih tahan lama kesegarannya, juga tidak memerlukan zat kimia pemberantas hama. Selain untuk konsumsi pribadi, sayuran hidroponik juga bernilai jual lebih tinggi daripada sayuran yang ditanam secara konvensional. Media tanam sayuran hidroponik ini bermacam jenisnya, mulai dari pipa pvc, kotak sterofoam, atau bahkan botol plastik bekas minuman sekalipun bisa kita gunakan loh! Lagipula, berkebun hidroponik tidak memerlukan banyak lahan. Selain tren hidroponik, beberapa hari belakangan ini juga sedang tren koleksi tanaman hias yang nilai jualnya fantastis hingga ratusan juta rupiah bahkan ada yang dihargai setiap helai daunnya. Beberapa tanaman hias tersebut diantaranya janda bolong, sri rejeki, juga tanaman mangave. Janda bolong disebut memiliki pesona tersendiri dibandingkan dengan tanaman hias lainnya. Bercocok tanam atau berkebun selain dapat meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah kita, juga dapat melatih kesabaran, dan menikmati setiap proses bertumbuh. Karena proses tentunya tidak akan menghianati hasil.

5. Mengikuti Kursus dan Pelatihan Daring

Banyak sekali kursus dan pelatihan daring bersertifikat bahkan gratis yang bisa kamu ikuti di masa pandemi ini loh! Menjamurnya webinar juga semakin banyak di masa yang serba daring ini. Selain dapat menambah wawasan, sumber inspirasi penelitian, membantu merencanakan masa depan, berinteraksi dan bertanya kepada ahli secara langsung, mengikuti kursus dan pelatihan daring seperti webinar juga akan menambah relasi dan e-sertifikatnya dapat mempercantik CV mu loh! Webinar juga dapat meningkatkan kemampuan bahasa asing bahkan nilai TOEFL kamu loh! Karena sudah banyak webinar tentang TOEFL atau bahkan kelas TOEFL gratis. Apalagi webinar sangat fleksibel, bisa dilakukan dimana saja, dan juga hemat biaya. Kunci utama dalam mengikuti webinar adalah koneksi internet yang stabil dan lancar.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x