Mohon tunggu...
Devina Meliani
Devina Meliani Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Mahasiswa Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

SEO dan SEM, Kombinasi yang Tepat Bagi Digital Marketing

5 Oktober 2021   08:35 Diperbarui: 5 Oktober 2021   08:39 260
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Digital marketing merupakan pilihan yang tepat untuk berbisnis pada era kini dimana segala hal sudah mengalami digitalisasi. Promosi merupakan salah satu kunci utama kesuksesan bisnis digital.

Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM) merupakan dua program yang secara sederhana dapat membantu anda meningkatkan penghasilan melalui promosi dalam media digital.

Pada artikel kali ini saya akan membahas lebih detail terkait dua program tersebut mencakup pengertian dan perbedaan antara kedua program tersebut.

Pengertian SEO dan SEM

Search Engine Optimization adalah upaya yang dapat dilakukan pelaku digital marketing untuk mengoptimasi website guna mendapatkan peringkat teratas pada hasil pencarian.

Ebner & Granitza menyatakan SEO merupakan singkatan yang sudah mendapatkan popularitas tinggi diantara desainer situs web profesional maupun individu pribadi.

Apabila posisi website bisnis anda berada di urutan utama pada Search Engine Results Page (SERP) maka akan memungkinkan orang lain menemukan website anda lebih mudah.

Contohnya ketika anda berperan sebagai pelaku digital marketing, ketika website anda berada pada urutan utama di mesin pencari seperti Google, Yahoo maupun mesin pencari lainnya, hal tersebut berarti anda sudah berhasil mengoperasikan SEO.

Untuk dapat melakukan SEO memerlukan keterampilan analisis yang tinggi karena anda harus memahami terlebih dahulu kesukaan target audiens anda.

Selanjutnya adalah Search Engine Marketing (SEM). SEM adalah upaya yang dapat dilakukan para pelaku digital marketing untuk mengoptimasi website supaya dapat muncul pada mesin pencari dalam bentuk iklan.

Jika disederhanakan, untuk dapat menerapkan SEM membutuhkan biaya tambahan karena anda perlu mengiklankan website anda agar muncul pada halaman utama.

Perbedaan SEO dan SEM

Baik SEO maupun SEM memiliki peran yang penting dalam digital marketing untuk mencapai target audiens. Meskipun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk menjangkau target yang luas, keduanya memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

  • Kecepatan

SEO membutuhkan keterampilan mengolah website agar menarik target, sedangkan SEM memanfaatkan biaya untuk menghasilkan iklan.

Karena membutuhkan keterampilan untuk menganalisis target maka untuk dapat mengelola SEO membutuhkan waktu lebih lama karena pemilik website harus meneliti terlebih dahulu kesukaan target.

Sedangkan pada SEM yang memanfaatkan iklan untuk mencapai target, prosesnya cenderung lebih cepat untuk dapat muncul pada bagian utama SERP.

  • Target Audiens

Dalam pengelolaan SEO anda tidak bisa secara instan menentukan target audiens. Untuk dapat menentukan target audiens anda perlu meningkatkan dahulu kualitas konten yang dapat menarik audiens.

Selanjutnya anda masih harus menganalisis konten tersebut agar sesuai dengan target audiens yang anda tetapkan, jika belum sesuai maka anda masih harus melakukan optimasi ulang.

Sedangkan pada SEM anda dapat menentukan target audiens pada awal melakukan setting iklan seperti kategori umur, jenis kelamin, wilayah dan hal-hal lainnya.

Jika target audiens dirasa kurang cocok maka anda dapat mengubahnya pada setting iklan tersebut.

  • Biaya

Perbedaan selanjutnya dilihat dari segi biaya yang dibutuhkan.

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, SEM dilakukan melalui iklan sehingga membutuhkan anggaran yang lebih tinggi dibanding dengan SEO.

Hal ini diakibatkan karena dalam pengiklanan anda harus menentukan jangka waktu yang anda inginkan, semakin lama iklan anda terbit maka semakin besar biaya yang dibutuhkan.

Berbanding terbalik dengan SEM, SEO dapat dioperasikan secara gratis apabila anda memiliki keterampilan yang tinggi dalam menganalisis audiens sehingga website anda dapat menarik banyak orang untuk mengaksesnya.

  • Jangka Waktu

Ketika anda memutuskan untuk menggunakan SEM maka jangka waktu iklan yang anda publikasikan harus menyesuaikan dengan anggaran anda.

Semakin lama iklan tersebut maka semakin besar biaya yang diperlukan.

Sedangkan pada SEO aturan tersebut tidak berlaku karena SEO terus mengikuti perkembangan digital marketing yang ada.

Semoga pemaparan sederhana terkait pengertian dan perbedaan SEO & SEM di atas dapat membantu kalian untuk menambah informasi di dunia digital marketing.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun