Mohon tunggu...
marlo barcelona
marlo barcelona Mohon Tunggu... Guru - Mengajar, Mendidik, Melatih

Hal termuda dalam hidup adalah kenali diri sendiri, dan hal tersulit dalam hidup adalah menjadi apa yang diinginkan orang lain

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Memilih Sekolah yang Tepat, Keputusan Penting Orangtua

9 Mei 2024   03:34 Diperbarui: 9 Mei 2024   04:01 103
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bagi orang tua, memilih sekolah yang tepat untuk anaknya merupakan dilema yang sering muncul di setiap awal tahun ajaran baru. Masalah ini biasanya dirasakan orang tua yang menyekolahkan anaknya mulai  masuk TK, SD, SMP, SMA. 

Untuk menyekolahkan anak mereka beberapa orang tua memprioritaskan faktor lain seperti Kualitas guru dan staf, kurikulum dan metode pengajaran, fasilitas sekolah, lokasi dan biaya sekolah, jarak tempuh dari rumah ke sekolah, prestasi sekolah yang di raih, faktor keamanan sebagai pertimbangan dan yang terpenting adalah mutu sekolah.

Mutu sekolah merupakan bagian yang kompleks, Banyak hal bisa dipergunakan untuk menera mutu sebuah sekolah, meskipun semuanya itu belum tentu mencukupi. 

Beragam pandangan dipakai untuk melihat hal ini mulai dari sifatnya fisik (bangunan, fasilitas sekolah), kebiasaan prestasi sekolah namun juga tak luput dari praktek-praktek di sekolah. 

Prestasi sekolah juga dibedakan mulai yang sifatnya kesiswaan (misalnya banyak piala, medali, sertifikat) baik dari akademik maupun non akademik yang bersifat Nasional dan Internasional. Sekolah yang bermutu tidak mudah ditemukan, 


Mengungkap Hakikat Mutu Sekolah 

Menemukan sekolah yang mewujudkan pendidikan berkualitas bukanlah tugas yang mudah. Kualitas sekolah merupakan konsep yang memiliki banyak segi, mencakup berbagai aspek yang berkontribusi terhadap perkembangan holistik anak. Meskipun tidak ada ukuran pasti mengenai kualitas sekolah, beberapa indikator utama dapat memandu orang tua dalam proses pengambilan keputusan.

Kesimpulan:

Memilih sekolah yang tepat bagi anak merupakan suatu keputusan yang memerlukan pertimbangan matang dari antara orang tua. Dengan mengedepankan pendidikan yang bermutu membuka jalan menuju tangga kesuksesan.

Salam Marlo

 

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun