Mohon tunggu...
Deviana Nadia Salsabila
Deviana Nadia Salsabila Mohon Tunggu... Untuk Tugas

Mahasiswa Universitas jenderal

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Persaingan Bisnis Ketat, Produsen Skincare Gencar Inovasi Produk

30 Juni 2021   13:59 Diperbarui: 30 Juni 2021   14:10 2054
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Persaingan dunia bisnis untuk mempertahankan pangsa pasar saat ini semakin ketat. Ketatnya persaingan berbagai macam produk yang diproduksi perusahaan untuk mempertahankan eksistensinya di dalam dunia bisnis. Tak terkecuali bisnis kecantikan, saat ini brand skincare tengah bersaing dalam memproduksi skincare dengan formula yang menjanjikan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Dikutip dari Kompas.com (02/03/21), sampai saat ini, tren produk kecantikan yang paling mendominasi adalah skincare. Sebab, banyak orang yang menghabiskan waktunya di rumah sehingga tidak memerlukan riasan. "Kalaupun membutuhkan riasan, orang-orang biasanya akan lebih berfokus pada riasan mata karena kita sehari-hari juga lebih banyak menggunakan masker," terang Affi. Selama ini pandemi ini, ada beberapa produk skincare yang paling banyak digandrungi seperti pembersih (cleanser), masker, serum, dan sunscreen.

Data dari Euromonito (2011), menunjukkan tingkat pertumbuhan kebutuhan masyarakat akan produk kosmetik lebih dari 30% kecuali sun care yang hanya meningkat sebanyak 11,5%. Kategori skin care memiliki pertumbuhan yang paling tinggi yaitu 29,7%. (pertumbuhan terjadi dikarenakan perusahaan-perusahaan melakukan inovasi-inovasi pada produk produk yang didukung dengan kegiatan promosi yang gencar untuk menarik perhatian serta pengetahuan konsumen akan produk kosmetik

Brand skincare lokal kini mulai berinovasi untuk dapat mengimbangi produk-produk luar negeri yang masuk ke Indonesia. Brand skincare lokal saat mulai mengikuti tren skincare yang mengedepankan kandungan bahan aktif dan kampanye brand yang semakin mengerti kebutuhan para antusias kecantikan.  Salah satu inovasi skincare yang tengah digandrungi para kaum hawa, yaitu produk skincare berbahan ceramide, ceramide terkenal dengan fungsinya untuk mermperkuat skin barrier sehingga kulit tampak lebih lembut dan awet muda.

Menciptakan sebuah brand pada produk kosmetik dalam kategori skincare tidaklah mudah.Bukan hanya pada harga serta kemasan saja yang dapat menciptakan loyalitas tetapi juga pengetahuan, reputasi, kualitas yang tinggi serta kepuasan dalam diri konsumen juga sangat penting.

Dengan demikian, maka produk skincare yang dikeluarkan oleh perusahaan harus memiliki kualitas yang mumpuni juga sesuai dengan keinginan konsumen. Suatu produk yang diciptakan oleh suatu perusahaan akan dikeluarkan untuk memikat konsumen dan juga digunakan konsumen sebagai kebutuhannya. 

Selain itu, adanya produk baru yang dikeluarkan produsen juga mendapatkan citra perusahaan yang bagus bagi perusahaan guna mempertahankan perusahaannya. Kualitas produk menjadi salah satu perhatian yang sangat penting bagi perusahaan dalam menciptakan produk. Dengan produk yang berkualitas perusahaan dapat bersaing dengan para kompetitor dalam menguasai pangsa pasar dan perusahaan mampu mempertahankan serta meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun