Mohon tunggu...
Deva Lazuardi Prabantoro
Deva Lazuardi Prabantoro Mohon Tunggu... siswa SMAN 28 Jakarta

Manusia yang mencoba menulis

Selanjutnya

Tutup

Hobi

Berikut Tips Mudah Merawat Aquarium agar Tetap Indah

2 Agustus 2020   13:48 Diperbarui: 2 Agustus 2020   13:54 32 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Berikut Tips Mudah Merawat Aquarium agar Tetap Indah
sumber: fishtanknation.com

Bagi sebagian orang yang hobi memelihara ikan, pastinya tidaklah asing dengan yang namanya aquarium, aquarium biasa dijadikan sebagai hiasan dalam rumah seperti halnya lukisan dan tanaman hias. Aquarium memiliki peran sangat penting bagi para pecinta ikan hias yaitu sebagai tempat ikan itu sendiri. Namun selain indahnya aquarium ternyata banyak juga hal yang harus dilakukan untuk menjaga keindahan aquarium. Nah berikut ini adalah cara untuk tetap membuat aquarium tetap jernih,indah dan elok dipandang:

1. Filter

Filter bisa dibilang adalah jantung dari aquarium, karena filter berfungsi menyaring kotoran ikan-ikan di aquarium dan membuat air terjaga jernih sehingga enak dipandang. Filter juga berfungsi menghilangkan racun amonia dan nitrat pada air sehingga air dapat digunakan ikan untuk bernapas dengan aman. Pemilihan filter perlu dipertimbangkan dengan situasi dan kondisi, saya sarankan untuk memilih filter yang berkualitas ,sesuai ukuran aquarium dan biaya yang ada di dompet Anda.

2. Penggantian air 

sumber: theaquariumguide.com
sumber: theaquariumguide.com

Air pada aquarium tentu semakin lama dibiarkan akan mulai keruh dan tidak nyaman dipandang, bahkan pada beberapa kasus dapat di tumbuhi alga sehingga air berubah hijau. Untuk mencegah hal tersebut, perlu kita melakukan penggantian air setidaknya 2 minggu sekali, untuk volume penggantian airnya sebaiknya 50% dari volume aquarium, namun jika dirasa berlebihan, alternatifnya adalah 20% dari volume aquarium. Metode ini bertujuan agar kualitas air tetap terjaga dan nyaman untuk komunitas aquarium itu sendiri. Penggantian air dapat memakai alat penguras aquarium untuk mempermudah aktivitas.

3. Pemilihan hiasan aquarium

sumber: Wikipedia
sumber: Wikipedia

Untuk membuat aquarium indah, tentu Anda menginginkan hiasan atau aquascape yang bagus juga. Namun perlu juga memperhatikan hiasan aquarium yang tidak membahayakan komunitas aquarium yang menghuninya, Pemilihan hiasan yang khusus aquarium sangat disarankan daripada membeli hiasan lain(non aquarium) yang disalah fungsikan sebagai hiasan aquarium yang malah membahayakan komunitas aquarium. Sebagai rekomendasi pula, sebaiknya hiasan aquarium menyesuaikan dengan ukuran dan jumlah ikannya, agar keharmonisan tetap terjaga dan menjadi indah dimata. Pemasangan tanaman air juga sangat bagus untuk aquairum yaitu sebagai tempat plankton dan mikroorganisme lain berkembangbiak yang berguna bagi ikan.

4. Pemilihan ikan 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN