Mohon tunggu...
deswita lintang
deswita lintang Mohon Tunggu... Mahasiswa - 21107030025/ Mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

be kind, so world will give u good things.

Selanjutnya

Tutup

Travel Story

Havana Hills Cilacap, Rekomendasi Wisata Terbaru Usai Pandemi, Sudah Berkunjung?

14 Juni 2022   04:37 Diperbarui: 14 Juni 2022   19:12 412 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Cilacap merupakan kabupaten yang berada di Jawa Tengah. Tepatnya berada di bagian selatan Pulau Jawa dan terkenal dengan Pulau Narapidana, Nusakambangan. Posisinya yang berada di bagian selatan dan ada di pinggir laut, membuat kabupaten yang satu ini terkenal dengan wisata pantainya. Namun, sejak sebelum libur lebaran tahun 2022 ini, ada sebuah objek wisata baru yang cukup menarik banyak perhatian cukup banyak orang , khususnya warga Kabupaten Cilacap dan sekitarnya. Havana Hills namanya. Sebuah objek wisata yang berada di salah satu daerah di Cilacap tepatnya di Jeruklegi.

Havana hills dibuka sebelum libur lebaran tahun 2022 ini. Sesuai dengan tujuannya, bahwa wisata yang satu ini memang ditujukan untuk wisata libur lebaran 2022 sebagai target waktunya. Seperti yang kita tau, biasanya saat lebaran, banyak orang yang akan berbondong- bondong untuk dapat menikmati momen bersama keluarganya yang sedang berkumpul dengan berlibur.

Konsep unik dari tempat wisata yang satu ini yaitu wisata foto atau selfie dengan pemandangan Kota Cilacap dan kota industri yang juga dapat terlihat dari atas sini, cukup membuat banyak orang tertarik datang ke Havana Hills. Tema wisata modern yang ada di Havana Hills juga ditawarkan bagi para pengunjung dan tentunya dengan spot foto yang menarik perhatian. Wisata yang satu ini, merupakan salah satu tempat wisata terbaru yang ada di Kabupaten Cilacap ini, yang mempunyai konsep unik dan memiliki tema baru di Cilacap.

Seperti yang kita tau, pada 2 tahun terakhir ini, negeri kita Indonesia, tengah dilanda pandemi yang cukup membuat banyak perubahan khususnya dalam hal interaksi sosial. Sektor wisata merupakan salah satu bagian yang terkena dampak dari pandemi Covid- 19 atau Virus Corona. 

Banyak sekali wisata yang mati atau berhenti beroperasional dikarenakan adanya pemberlakuan peraturan kebijakan dari pemerintah yang menyangkut soal pembatasan kegiatan sosial seperti Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan pada awal pandemi di awal tahun 2020, dan saat pandemi meningkat lagidi pertengahan 2021 ada juga Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) yang diterapkan lagi oleh pemerintah. 

Sektor wisata sebagai salah satu tempat yang biasanya mengumpulkan banyak orang dalam satu tempat, dinilai berpotensi meningkatkan angka kenaikan penyebaran Virus Covid- 19. Karena itu, pemerintah memberikan kebijakan untuk menutup tempat- tempat wisata sebagai bentuk usaha pengurangan angka kenaikan penyebaran Virus Corona.

Tempat- tempat wisata yang ada di Kabupaten Cilacap pun tak lepas dari adanya peraturan kebijakan pemerintah yang diterapkan mengenai usaha pengurangan penyebaran Virus Corona ini. Pada Juni tahun 2021 lalu, Kabupaten Cilacap sempat mengalami lonjakan kasus terkait Virus Covid-19. Peningkatan kasus yang ada di Kabupaten Cilacap dapat dilihat dari kenaikan kasus aktif Covid -19 yang tercatat mencapai ratusan kasus baruu yang ditemukan setiap harinya. 

Karena kasus yang terjadi ini, Pemerintah Kabupaten Cilacap mengambil langkah tegas yang disampaikan oleh Bupati Cilacap, Tatto Suwarto Pamuji melalui Sekretaris Daerah Cilacap yaitu Farid Maruf dalam Rapat di Ruang Prasandha pada Senin, 28 Juni 2021. Kebijakan yang ditetapkan diantaranya dengan menutup seluruh objek wisata serta tempat- tempat hiburan yang ada di Kabupaten Cilacap untuk beberapa waktu setidaknya sampai Kabupaten Cilacap keluar dari zona merah Virus Covid -19. 

Salah satu tempat wisata yang terkena dampak dari penutupan tempat wisata ini adalah Pantai Jetis yang ada di Nusawungu. Pantai ini ditutup mulai tanggal 2 Juli 2021 sampai 20 Juli 2021 lalu. Semua pihak berharap agar kebijakan mengenai penutupan objek wisata yang dinilai sebagai salah satu potensi penyebaran Virus Covid-19 ini dapat segera berakhir.

Namun, di tahun 2022 ini Virus Corona telah mengalami penurunan pada kasus penyebarannya. Havana hills sebagai salah satu wisata baru yang ada Cilacap, hadir sebagai objek wisata baru yang tentunya sangat bisa menjadi pilihan wisata keluarga usai pandemi. Untuk berwisata bersama keluarga usai pandemi, tentunya akan lebih aman saat kamu tau apa saja tips mengenai wisata di era usai pandemi seperti sekarang:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan