Mohon tunggu...
Dessi Christanti
Dessi Christanti Mohon Tunggu... Dosen - Dosen Fakultas Psikologi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Juga seorang Ibu dan istri

Selalu bersyukur dan berpikir positif

Selanjutnya

Tutup

Film Artikel Utama

Jika "2+2=22", Inilah Konformitas dalam Film "Alternative Math"

13 Oktober 2021   13:13 Diperbarui: 16 Oktober 2021   20:45 1237 10 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi Alternative Math. (sumber: mubi.com)

Seandainya semua orang mengatakan bahwa 2+2=22, bagaimana reaksi Anda? Akankah Anda menyetujui dan ikut mengatakan bahwa jawaban soal 2+2 selain 4 ada alternatif jawaban lain yaitu 22 ? 

Ataukah Anda akan tetap berpegang teguh bahwa 2+2 memiliki satu jawaban mutlak yaitu 4? Masalah jawaban soal 2+2  menjadi cerita yang menarik di film pendek Alternative Math.

Film dibuka dengan tulisan Monday atau hari Senin di  layar, kemudian beralih ke adegan seorang siswa bernama Danny masuk ke kelas dan mendatangi gurunya sambil mengacungkan kertas ulangannya yang mendapat nilai F. 

Guru senior yang Bernama Mrs. Wells ini kemudian menerangkan pada Danny bahwa jawaban yang ia berikan banyak yang salah (sepertinya sih salah semua). Mrs. Wells kemudian memberikan contoh, pada jawaban soal no 1 yaitu 2+2 adalah salah karena Danny menuliskan 22.  

Mrs. Wells dengan sabar menjelaskan bahwa 2+2 adalah 4, namun siswa ini bersikeras bahwa 2+2=22. Si siswa ini kemudian lari meninggalkan kelas.

Hari Selasa,  kedua orangtua danny  datang menemui Mrs. wells di kelasnya. Setelah mempersilakan duduk, Mrs. Wells menjelaskan bahwa ulangan Danny mendapat nilai jelek karena Danny menuliskan jawaban 22 untuk soal 2+2. 

Penjelasan Mrs. Wells ini tidak dapat diterima kedua orangtua Danny. Mereka menunjukkan keheranan mengapa jawaban 22 disalahkan. 

Kedua orangtua Danny mengatakan bahwa Mrs. Wells berpandangan sempit. Mereka mencemooh Mrs. Wells.  Ibu Danny bahkan menampar Mrs. Wells. Orangtua Danny mengancam melaporkan Mrs. Wells pada kepala sekolah.

Hari Rabu, kepala sekolah menemui Mrs. Wells dan menyarankan agar Mrs. Wells meminta maaf pada orangtua Danny. Tentu saja Mrs. Wells tidak mau dan berpegang teguh pada pendiriannya.  

Kepala sekolah dan Mrs. Wells sempat beradu argument mengenai tugas seorang guru. Kepala sekolah kemudian menganggap Mrs. Wells tidak memiliki pemikiran yang terbuka pada siswanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Film Selengkapnya
Lihat Film Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan