Mohon tunggu...
Desy Indah Hani
Desy Indah Hani Mohon Tunggu... Hi happy reading

Practice makes perfect

Selanjutnya

Tutup

Kisah Untuk Ramadan Pilihan

Meneladani Kisah dari Nabi Sulaiman AS

3 Mei 2021   09:50 Diperbarui: 3 Mei 2021   10:24 340 26 7 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Meneladani Kisah dari Nabi Sulaiman AS
Kisah Nabi Sulaiman AS (sumber: poskata.com)

Untuk menanamkan nilai islam, salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan meneladani kisah-kisah Nabi, seperti halnya kisah dari Nabi Sulaiman AS.

Ketika mendengar kata Nabi Sulaiman AS, secara langsung mengingatkan kita pada salah satu dari 25 nabi yang harus diimani. Nabi Sulaiman merupakan Putra dari Nabi Daud AS. 

Dan sesungguhnya Kami telah memberi ilmu kepada Daud dan Sulaiman; dan keduanya mengucapkan: segala puji bagi Allah yang melebihkan kami dari kebanyakan hamba-hambanya yang beriman

(QS. An-Naml ayat 15)

Nabi Sulaiman AS lalu mengambil alih kepemimpin setelah Nabi Daud AS wafat. Nabi Sulaiman juga menyeruhkan kepada seluruh umatnya agar menyembah Allah SWT. 

Dikisahkan Nabi Sulaiman AS merupakan raja yang sangat bijaksana dan adil. Kisahnya juga sangat melegenda. 

Selain itu, Nabi Sulaiman AS juga diberikan mukjizat untuk bisa memahami bahasa bintang, seperti halnya semut. Hal ini terkandung di dalam Surah An-Naml ayat 18 sampai dengan 19. 

Hai sekalian semut, masuklah kamu ke dalam sarangmu, agar kalian tidak terinjak Sulaiman dan bala tentaranya, sedangkan mereka tidak mengetahuinya. Mendengar itu Sulaiman tertawa seraya berdoa kepada Tuhan: Ya Tuhanku, tetapkanlah hatiku buat bersyukur kepada Engkau, yang telah memberikan karunia kepadaku dan kepada ibu-bapakku, dan masukkanlah kami ke dalam hamba-hamba-Mu yang saleh-saleh

(QS. an-Naml: 18-19)

Tidak hanya itu saja, Nabi Sulaiman AS bisa menundukan angin. Sehingga Nabi Sulaiman AS mampu melakukan perjalanan dengan cepat dengan menggunakan angin tersebut. Hal ini terkandung di dalam Surah Al Anbiya ayat 81.

Dan (telah Kami tundukkan) untuk Sulaiman angin yang sangat kencang tiupannya yang berembus dengan perintahnya ke negeri yang Kami telah memberkatinya. Dan adalah Kami Maha Mengetahui segala sesuatu

(QS. Al-Anbiya: 81)

Belum selesai, Nabi Sulaiman AS juga mampu menundukan makhluk halus seperti halnya golongan jin dan semuanya tunduk terhadap perintahnya. 

Berikut keteladan yang bisa kita pelajari dari kisah Nabi Sulaiman AS dan semua kisahnya memang luar biasa hebatnya, seperti:

Pertama, Kerendahan hatinya 

Kisah Nabi Sulaiman (sumber: duniaq.com)
Kisah Nabi Sulaiman (sumber: duniaq.com)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN