Mohon tunggu...
Parlin Pakpahan
Parlin Pakpahan Mohon Tunggu... Lainnya - Saya seorang pensiunan pemerintah yang masih aktif membaca dan menulis.

Keluarga saya tidak besar. Saya dan isteri dengan 4 orang anak yi 3 perempuan dan 1 lelaki. Kami terpencar di 2 kota yi Malang, Jawa timur dan Jakarta.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Pilpres 2029 Seyogyanya Berkaca dari Pilpres AS

8 April 2024   17:16 Diperbarui: 8 April 2024   17:16 159
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pilpres 2029 Seyogyanya Berkaca dari Pilpres AS

Prosedur Pilpres di AS melibatkan beberapa tahapan yang kompleks. Warga negara AS yang memenuhi syarat dapat mendaftar sebagai pemilih di negara bagian tempat mereka tinggal.

Sebelum pemilihan presiden yang sebenarnya, ada serangkaian pemilihan awal di setiap negara bagian yang dikenal sebagai "caucus" dan "primary". Ini dimulai sekitar setahun sebelum pemilihan umum dan bertujuan untuk menentukan kandidat dari setiap partai politik.

Setiap partai politik mengadakan konvensi nasional untuk menominasikan kandidat presiden dan wakil presiden mereka secara resmi. Konvensi ini biasanya diadakan pada musim panas sebelum pemilihan umum. Di sini, kandidat presiden dan wakil presiden resmi partai ditetapkan.

Setelah kandidat dari masing-masing partai ditetapkan, mereka memulai kampanye nasional mereka untuk memperoleh suara pemilih. Ini termasuk debat presiden, pidato, iklan politik, dan kegiatan lainnya.


Pada hari Selasa pertama setelah Senin pertama di bulan Nopember setiap empat tahun, warga AS memilih presiden dan wakil presiden mereka. Namun, presiden sebenarnya tidak dipilih langsung oleh rakyat, melainkan oleh "electoral college" yang terdiri dari perwakilan dari setiap negara bagian.

Setelah pemilihan umum, suara elektoral dari setiap negara bagian dihitung. Mayoritas suara elektoral (270 dari 538) diperlukan untuk memenangkan pemilihan presiden.

Pemenang pemilihan presiden dan wakil presiden diumumkan secara resmi pada pertemuan "Kongress" yang diadakan pada bulan Januari setelah pemilihan. Pelantikan kemudian dilakukan pada tanggal 20 Januari.

Pada saat ini, Donald Trump dan Joe Biden telah secara resmi dinominasikan oleh partai mereka masing-masing untuk bertarung dalam pemilihan presiden AS pada bulan Nopember 2024 yad. Donald Trump, mantan Presiden dan anggota Partai Republik, telah dinominasikan kembali sebagai kandidat Presiden oleh Partai Republik. Sedangkan Joe Biden, yang adalah Presiden AS sekarang, telah dinominasikan sebagai kandidat Presiden oleh Partai Demokrat.

Dalam konteks Pilpres AS, tidak ada aturan yang secara eksplisit membatasi jumlah kandidat yang dapat maju dalam kontestasi Pilpres. Biasanya, kandidat dari partai-partai lain atau independen juga dapat mencalonkan diri untuk posisi presiden.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Politik Selengkapnya
Lihat Politik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun