Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Blogger, Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Penggiat Budaya dan Pencinta Sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Hobi Pilihan

Book Blind Date, Book War, dan Book Swap, Kegiatan Seru bagi Pencinta Buku

25 Juni 2019   15:30 Diperbarui: 25 Juni 2019   16:01 0 2 0 Mohon Tunggu...
Book Blind Date, Book War, dan Book Swap, Kegiatan Seru bagi Pencinta Buku
Kata kunci isi buku dalam Book Blind Date | dokpri

Book Blind Date, Book War dan Book Swap merupakan istilah yang mungkin terdengar asing untuk sebagian besar orang. Tetapi untuk sebagian lain bisa jadi sudah tak asing dengan istilah tersebut. Bahkan menanti-nanti kegiatan tersebut. Terutama bagi para pencinta buku.

what's? Memangnya kegiatan apa sih sampai begitu dinantikan? Bagi para pencinta buku terutama yang tergabung dalam Goodreads Indonesia (GRI). Yaitu Komunitas pembaca Buku Indonesia pasti sudah tak asing dengan istilah tersebut. Ini merupakan kegiatan yang ada dalam acara offline Goodreads Indonesia.

Goodreads Indonesia adalah Komunitas Pembaca Buku Indonesia yang didirikan oleh Femmy Syahrani pada 7 Juni 2007 silam. Mungkin ada teman-teman yang pernah berkunjung ke acara Indonesia Reader Festival (IRF) atau Festival Pembaca Indonesia. Nah, ini merupakan ajang tahunan yang digelar oleh Goodreads Indonesia. 

Dalam acara ini banyak kegiatan yang bisa diikuti oleh para pengunjung. Tentu saja terkait dengan buku. Seperti workshop, nonton bareng film yang diadaptasi dari buku, Book Blind DateBook War dan Book Swap. Tiga istilah terakhir itu yang mungkin tidak semua pembaca buku memahaminya. Padahal kegiatan itu sangat seru dan menantang untuk diikuti. 

Berikut ini gambaran mengenai keseruan kegiatan tersebut. Agar pada saat mengunjungi acara IRF atau event-event yang diadakan oleh Goodreads Indonesia bisa mengikuti keseruannya.

Book Blind Date

Ini adalah kegiatan tukar menukar buku tanpa kita tahu bentuk dan sampul bukunya. Karena buku yang ditukar ini dalam kondisi terbungkus. Baik buku yang diambil atau buku yang kita bawa untuk ditukarkan, keduanya dalam kondisi terbungkus. Hanya diberi tulisan sedikit sebagai kata kunci dibagian depan sampul pembungkus.

dokpri
dokpri
Kita jadi menebak-nebak sendiri kira-kira buku apa yang dipilih itu. Terkadang membuat kita bimbang antara memilih buku yang ini atau yang itu. Sebab kata kuncinya menarik semua. 

Setelah kita memilih kok ternyata buku yang didapat tidak sesuai dengan kata kuncinya yang menarik. Itu risiko sekaligus keseruan dari Book Blind Date. Tetapi jangan khawatir. Buku tadi yang kita kurang sukai bisa diikutkan dalam Book Swap. Apa lagi nih?

Book Swap

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2