Mohon tunggu...
Erni Purwitosari
Erni Purwitosari Mohon Tunggu... Wiraswasta

Blogger, Penulis "Ketika Srikandi Bersepeda," Biker, Rider, Odoper, Penggiat Budaya dan Pencinta Sejarah.

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Aplikasi Seru untuk Mengisi Kejenuhan Bulan Ramadhan

25 Mei 2019   13:17 Diperbarui: 25 Mei 2019   13:22 0 1 1 Mohon Tunggu...
Aplikasi Seru untuk Mengisi Kejenuhan Bulan Ramadhan
Dokpri

Bulan Ramadhan adalah bulan di mana kita umat muslim sedang giat-giatnya mengumpulkan pahala. Bukan saja pahala dari kewajiban kita berpuasa. Tetapi juga dari setiap kebaikan yang kita lakukan selama bulan Ramadhan.

Sebab di bukan Ramadhan setiap kebaikan yang kita lakukan akan dilipatgandakan. Maka berlomba-lombalah kita umat muslim melakukan kebaikan tersebut.

Mulai dari memperbanyak berzikir, bersedekah dan melakukan salat-salat sunah. Jika hari biasa kita membaca Al-Qur'an kalau sempat saja. Atau usai salat wajib. Maka di bulan Ramadhan bisa setiap saat. Usai memasak bisa kita gunakan untuk membaca Al-Qur'an. Atau berzikir sampai lelah.

Bicara lelah. Namanya juga manusia. Meski niat hati ingin ibadah terus-menerus. Ingin berzikir tanpa putus. Tetap saja satu ketika rasa jenuh menghampiri. 

Nah, agar perasaan jenuh tak lantas mengesampingkan urusan ibadah. Maka harus dikelola rasa jenuh itu dengan sesuatu yang justru bisa membangkitkan semangat. Diberi "selingan" istilah lainnya.

Tetapi jangan "selingan" yang bisa melenakan bahkan menjadikannya candu. Main games misalnya. Bukannya tidak boleh. Tetapi hampir sebagian besar orang yang main games itu akhirnya jadi sulit melepaskan diri. Karena pikirannya terisi kata penasaran. Parahnya bisa jadi kecanduan. Sayang sekali kalau bulan Ramadhan diisi dengan main games terus.

Kalau bisa main gamesnya puasa dulu. Kalau saya berhubung tidak suka main games, jadi amanlah. Lalu bagaimana cara mengatasi rasa jenuh di bulan Ramadhan seperti ini? Download aplikasi yang bermanfaat. 

Kalau hari biasa ketika jenuh melanda, saya bisa cari cemilan atau ngopi dan ngeteh. Bulan puasa tentu tak bisa seperti itu. Main ponsel solusinya.

Inilah aplikasi yang sangat membantu menghilangkan kejenuhan saya:

1 . Pinterest

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3