Mohon tunggu...
Pramita duwinawangsari
Pramita duwinawangsari Mohon Tunggu... Perawat - perawat

Saya seorang anggota Komite Pencegah dan Pengendali Infeksi di RSUD Waluyo Jati dan seorang ibu dari 2 orang anak

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Sehat di Bulan Ramadhan

16 Maret 2024   12:00 Diperbarui: 16 Maret 2024   12:14 162
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bulan Ramadhan adalah waktu yang istimewa bagi umat Muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Selama bulan suci ini, umat Muslim berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam sebagai bagian dari ibadah mereka. Namun, di Indonesia, di mana cuaca bisa menjadi sangat ekstrem, terutama dengan curah hujan yang tinggi dan kondisi mendung yang seringkali menyertai, menjaga kesehatan menjadi tantangan tersendiri. 

Berikut adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan Anda di bulan Ramadan di tengah cuaca ekstrem di Indonesia:

  • Perhatikan Asupan Cairan. Di bawah cuaca mendung dan hujan, tubuh cenderung kurang merasa haus dibandingkan saat cuaca cerah. Namun, jangan sampai hal ini membuat Anda lupa untuk tetap terhidrasi.
    Pastikan untuk minum banyak air saat sahur dan berbuka. Hindari minuman bersoda atau berkafein, karena dapat menyebabkan dehidrasi.
  • Pilih Makanan Bergizi
    Meskipun mungkin tergoda oleh makanan berlemak dan berkalori tinggi, pilihlah makanan yang bergizi dan seimbang untuk menjaga energi Anda selama puasa.
    Sertakan protein, serat, dan karbohidrat kompleks dalam menu sahur dan berbuka. Ini akan membantu menjaga keseimbangan gula darah Anda dan memberikan energi yang stabil sepanjang hari.
  • Jaga Kesehatan Jantung
    Cuaca ekstrem dapat memberikan tekanan tambahan pada jantung. Oleh karena itu, perhatikan makanan yang Anda konsumsi untuk menjaga kesehatan jantung Anda.
    Hindari makanan berlemak jenuh dan tinggi kolesterol. Sebaliknya, pilihlah makanan yang mengandung lemak sehat, seperti alpukat, ikan berlemak, dan kacang-kacangan.
  • Istirahat Cukup
    Saat cuaca mendung dan hujan, tubuh cenderung merasa lebih mengantuk. Jangan ragu untuk mengambil istirahat yang cukup selama hari untuk menjaga keseimbangan tubuh dan pikiran Anda.
    Jangan lupakan pentingnya tidur yang cukup di malam hari. Usahakan untuk tidur minimal 7-8 jam setiap malam untuk memulihkan tubuh dan meningkatkan daya tahan.
  • Berolahraga dengan Bijak
    Meskipun cuaca ekstrem mungkin membuat Anda enggan untuk berolahraga di luar ruangan, Anda masih dapat melakukan aktivitas fisik di dalam rumah.
    Pilihlah olahraga ringan seperti jalan kaki di sekitar rumah atau melakukan latihan kekuatan dan fleksibilitas di dalam ruangan.
  • Jaga Kebersihan Diri
    Cuaca ekstrem dapat meningkatkan risiko infeksi dan penyakit. Oleh karena itu, penting untuk menjaga kebersihan diri Anda dengan mencuci tangan secara teratur, terutama sebelum dan setelah makan serta setelah beraktivitas di luar ruangan.
    Gunakan masker wajah dan jaga jarak fisik saat berinteraksi dengan orang lain, terutama jika Anda merasa tidak sehat

Dengan memperhatikan tips-tips di atas, Anda dapat menjaga kesehatan Anda dengan baik selama bulan Ramadhan di tengah cuaca ekstrem yang seringkali melanda Indonesia. Tetaplah memperhatikan tubuh Anda dan konsultasikan dengan profesional medis jika Anda mengalami masalah kesehatan yang serius. Semoga bulan Ramadhan ini membawa berkah dan kebahagiaan bagi kita semua.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun