Mohon tunggu...
Siti Deliana Rachmayanti
Siti Deliana Rachmayanti Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa

Mahasiswa tingkat akhir

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Mahasiswa Undip Sosialisasikan Sanksi Hukum Lalai Protokol Kesehatan

1 Agustus 2021   09:11 Diperbarui: 1 Agustus 2021   13:01 64 1 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mahasiswa Undip Sosialisasikan Sanksi Hukum Lalai Protokol Kesehatan
Dokumentasi sosialisasi

Kabupaten Cirebon -- Angka penyebaran Covid -- 19 di Indonesia yang semakin meningkat disebabkan oleh berbagai faktor seperti halnya tidak patuh dalam menerapkan protokol kesehatan yang mengakibatkan percepatan penyebaran covid -- 19 dari satu orang ke orang lainnya. 

Mengacu pada Surat telegram bernomor ST/3220/XI/KES.7./2020 tertanggal 16 November 2020 terdapat perintah bahwa jajaran kepolisian harus menegakkan hukum tanpa pandang bulu terhadap pelanggar protokol kesehatan yang mengganggu keamanan dan ketertiban masyarakat. 

Dalam surat tersebut tercantum pula pasal-pasal yang menjadi acuan, yakni Pasal 65 KUHP, Pasal 212 KUHP, Pasal 214 ayat (1) dan (2) KUHP, Pasal 216 KUHP, dan Pasal 218 KUHP. Kemudian, Undang-Undang Nomor 2 Tahun 2002, Pasal 84 dan Pasal 93 UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Berkaitan dengan adanya peraturan tersebut, maka mahasiswa undip yang sedang melakukan KKN Pulang Kampung tepatnya di daerah Gegesik Kidul, Kabupaten Cirebon Jawa Barat membuat sebuah program kerja untuk mensosialisasikan adanya peraturan yang berkaitan dengan pelanggaran protokol kesehatan dan sanksi pidana yang dapat dikenakan karena didaerah tersebut angka pelanggaran terhadap protokol kesehatan Covid -- 19 cukup tinggi.

Program kerja tersebut bertujuan untuk memberitahukan secara lebih jelas dan terperinci terhadap sanksi yang dapat dikenai kepada warga apabila mereka melanggar ketentuan protokol kesehatan. 

Selain dari itu tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan sehingga dapat menekan angka penyebaran wabah covid -- 19 serta menghindarkan warga dari sanksi pidana yang mungkin dijatuhi.

Program kerja ini dilaksanakan pada tanggal 13 -- 14 juli dengan sistem pelaksanaan sosialisasi door to door serta menyebarkan poster yang berisi informasi terkait melalui berbagai media seperti penyebaran poster melalui media sosial (whatsapp, instagram), kemudian menempelkan poster ditempat yang banyak dilalui warga, sehingga warga dapat memperoleh informasi dengan mudah.

 Harapannya setelah program kerja pencerdasan ini dilaksanakan warga akan lebih taat terhadap protokol kesehatan serta angka penyebaran wabah covid -- 19 khususnya dilingkungan tempat program kerja dilaksanakan menjadi menurun.

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x