Mohon tunggu...
Dedi Prestiadi
Dedi Prestiadi Mohon Tunggu... Dosen

Mengabdi untuk negeri

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Tim Pengabdian Dosen UM Lakukan Penguatan Kemampuan Guru dalam Pembuatan Bahan Ajar Digital dan Assessment Pembelajaran di SD Ummu Aiman Lawang

12 Agustus 2025   10:40 Diperbarui: 12 Agustus 2025   10:40 21
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Pengabdian bersama Kepala Sekolah SD Ummu Aiman

Malang, 9 Juli 2025 – Tim Pengabdian Masyarakat dari Universitas Negeri Malang (UM) melaksanakan kegiatan pelatihan dan pendampingan bagi guru-guru di SD Ummu Aiman Lawang dengan fokus pada pengembangan bahan ajar digital dan assessment pembelajaran berbasis pendekatan deep learning. Kegiatan ini diikuti oleh 50 guru dengan antusiasme tinggi dan semangat untuk meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan abad ke-21.

Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menjawab tantangan kurangnya pemahaman guru dalam menyusun bahan ajar dan assessment yang inovatif, valid, dan reliabel. Melalui pelatihan ini, para guru dibekali kemampuan menyusun perangkat pembelajaran yang tidak hanya relevan dengan Kurikulum Merdeka, tetapi juga mampu menumbuhkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, kolaboratif, dan komunikatif pada siswa.

Tim Pengabdian Bersama Peserta Pengabdian
Tim Pengabdian Bersama Peserta Pengabdian

Tim pengabdian terdiri dari para dosen berpengalaman, yaitu Wildan Zulkarnain, M.Pd. selaku ketua tim, serta anggota Dedi Prestiadi, M.Pd., Dr. Ahmad Nurabadi, M.Pd., dan Dr. Sunarni, M.Pd. Dalam pelaksanaannya, kegiatan dibagi ke dalam dua sesi utama. Sesi pertama disampaikan oleh Dr. Ahmad Nurabadi, M.Pd. yang membahas konsep pendekatan deep learning serta urgensinya dalam pembelajaran saat ini. Sesi kedua dilanjutkan oleh Dedi Prestiadi, M.Pd., yang memandu guru untuk mengembangkan bahan ajar digital serta menyusun assessment pembelajaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip Kurikulum Merdeka.

Peserta mengikuti kegiatan
Peserta mengikuti kegiatan

Evaluasi hasil kegiatan menunjukkan dampak positif. Terdapat peningkatan pemahaman peserta yang signifikan, terlihat dari rata-rata skor pre-test sebesar 86,63 yang meningkat menjadi 90,43 pada post-test.

Kegiatan ini menghasilkan luaran utama berupa prototipe bahan ajar digital dan instrumen assessment berbasis pendekatan deep learning yang dikembangkan langsung oleh para guru. Hasil tersebut diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran di SD Ummu Aiman Lawang secara berkelanjutan guna mendorong peningkatan mutu pendidikan secara nyata di lingkungan sekolah.

Pengabdian ini menjadi bukti nyata komitmen UM dalam mendukung transformasi pendidikan dasar melalui kolaborasi antara perguruan tinggi dan sekolah mitra.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana. Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun