Refleksi Praktik Pembelajaran, Asesmen, & Implikasinya dengan Keprofesionalan Guru
Apa itu Refleksi Pembelajaran?
Refleksi pembelajaran merupakan kegiatan penilaian tertulis atau lisan oleh guru untuk murid atau oleh murid untuk guru mengenai bagaimana kesan konstruktif, pesan, harapan, dan kritik terhadap proses pembelajaran yang sudah atau sedang dilakukan.
Tujuan Pefleksi Pembelajaran
Tujuan dilakukannya refleksi pembelajaran adalah sebagai berikut.
Mengetahui minat, keinginan, dan kebutuhan para murid, sehingga guru dapat memperbaiki rancangan pembelajaran yang lebih baik pada pembelajaran selanjutnya.
Mengidentifikasi dan mengevaluasi model, metode, strategi, teknik, dan apa-apa saja yang telah guru lakukan dalam pembelajaran.
Memahami respons, kesulitan, atau kendala murid dalam memahami suatu konsep/topik pembelajaran.
Model-Model Refleksi Pembelajaran
Secara umum refleksi pembelajaran memiliki beragam model, misalnya 1) Model 4FÂ (Fact, Feeling, Finding, dan Future), 2) Model DEAL (Description, Examination, dan Articulation of Learning), 3) Model papan cerita reflektif (Reflective Storyboard), dan 4) Model 4C (Connection, Challenge, Concept, dan Change).
Strategi Pengembangan Profesionalisme Guru melalui Kegiatan Refleksi PembelajaranÂ