Mohon tunggu...
Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Mohon Tunggu... Administrasi - Pengamat Sosial

Penyuka Sepakbola, Penulis Biasa nan Sederhana (PBS), dan berharap selalu dapat menginspirasi dan terinspirasi. Cinta Indonesia. Segala tulisan selalu tak luput dari kekhilafan. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

Aprilia 2021, Meniru Juga Bisa Membawa Berkah

12 September 2021   08:54 Diperbarui: 23 September 2021   16:40 111 13 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Aprilia 2021, Meniru Juga Bisa Membawa Berkah
Aprilia Gresini tampil kompetitif di musim 2021. Sumber: Dok. Aprilia/via Kompas.com

Aprilia Gresini adalah salah satu tim balap sekaligus tim pabrikan yang kembali pentas di kelas MotoGP pada musim 2015 bersama tim pabrikan lain, Suzuki Ecstar. Menariknya, seperti Suzuki, Aprilia juga sampai musim 2021, masih belum mempunyai tim satelit.

Sebenarnya, Suzuki bisa menjadi contoh sebagai tim pabrikan yang berhasil meraih kesuksesan meski tanpa mempunyai tim satelit. Namun, tim-tim pabrikan yang kompetitif akan makin kompetitif jika mereka mempunyai tim satelit.

Meski begitu, menjadi tim pabrikan yang mempunyai tim satelit juga perlu persiapan yang besar. Selain karena rekam jejak bagus di kelas utama seperti Honda, Yamaha, dan Ducati, sebuah tim pabrikan juga perlu disokong finansial besar seperti KTM yang mempunyai latar belakang finansial besar karena bekerja sama dengan Red Bull.

Bagaimana dengan Aprilia?

Untuk ukuran kompetitif, Aprilia masih baru terlihat kompetitif pada musim 2021. Itu pun belum sepenuhnya konsisten. Maka, bisa saja harapan mempunyai tim satelit sulit terwujudkan.

Mungkin, Aprilia harus berjuang mendekati mantan pembentuk tim satelit, seperti MarcVDS, untuk kembali pentas di kelas utama. Atau, merayu Avintia Esponsorama untuk bersedia bertahan di MotoGP.

Dua sponsor besar ini bisa dikatakan lebih kooperatif, mengingat mereka mau menjadi tim satelit kedua dari sebuah tim pabrikan. MarcVDS pernah menjadi tim satelit kedua di Honda. Avintia Esponsorama Racing menjadi tim satelit kedua di Ducati.

Namun, sebelum hal itu terjadi, Aprilia harus melakukan sesuatu yang nyata saat ini, yaitu membuat motornya kompetitif. Dan, sampai musim 2021 tinggal beberapa seri lagi, Aprilia bisa dikatakan sudah mulai kompetitif.

Itu bisa dilihat dari konsistensi Aleix Espargaro yang lebih baik dibanding musim 2020. Dan, makin dibuktikan dengan keberhasilannya menjejakkan kaki di podium ketiga di GP Silverstone (29/8).

Baca juga: Hasil MotoGP Inggris 2021

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...
Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan