Deddy Husein Suryanto
Deddy Husein Suryanto Freelancer

Penyuka Sepakbola dan Penulis Gadungan, Cinta Indonesia. Jika mencari tempe, silakan kunjungi: https://deddyhuseins15.blogspot.com Iseng-iseng unggah video di https://m.youtube.com/channel/UCmc1Ubhzu3PPCG3XXqcGExg

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Apa yang Menarik Perhatian Netizen terhadap Trending Lucinta Luna di Youtube?

26 April 2019   18:42 Diperbarui: 26 April 2019   18:47 97 3 3
Apa yang Menarik Perhatian Netizen terhadap Trending Lucinta Luna di Youtube?
Thumbnail video Deddy Corbuzier. (Screenshots/youtube.com)

Sekitar sepekan ini, jagad per-Youtube-an Indonesia dihebohkan dengan aksi Lucinta Luna yang menuntut (melabrak) Deddy Corbuzier dalam mengomentari keberadaan Lucinta Luna di jagad hiburan Indonesia beberapa waktu lalu. Dikabarkan bahwa Deddy Corbuzier memberikan komentar dan pernyataan yang tidak menyenangkan bagi Lucinta Luna. Hal ini membuat Lucinta Luna mendatangi tempat kebugaran (fitness/gym) milik Deddy Corbuzier (untuk mencari klarifikasi).

Aksi tersebut terabadikan dan viral. Baik di media sosial, maupun di channel Youtube Deddy Corbuzier. Bahkan, video itu mampu nangkring di trending nomor satu di Indonesia. Luar biasa! Namun, sebenarnya  apa yang menarik perhatian publik terhadap video itu?

Jika, penulis adalah seorang figur publik ataupun pihak media massa, mungkin penulis akan mencoba mencari tahu tentang kisah yang sebenarnya di balik peristiwa tersebut. Namun, berhubung penulis hanya seorang masyarakat biasa dan hanya bisa menjadi penonton video-video yang terunggah di Youtube, maka, yang dicari adalah sisi pandangan sesama penonton.

Kira-kira, apa yang membuat netizen tertarik untuk menonton video itu?

Jika dari sudut pandang penulis, video ini viral dan menjadi trending adalah karena video itu terunggah di channel seorang figur publik ternama dan juga memiliki subscriber banyak di Youtube; Deddy Corbuzier. Sehingga, faktor ini sangat kuat untuk mendorong publik menonton video tersebut. Siapa yang ingin melewatkan momen pertemuan Lucinta Luna dan Deddy Corbuzier? Apalagi jika kita mengetahui sepak terjang Lucinta Luna dan juga mengetahui bahwa Deddy Corbuzier juga beberapa kali menyinggung Lucinta Luna baik di video yang terunggah di channel-nya maupun di channel figur publik lainnya, Boy William.

Netizen sepertinya ingin tahu apa yang dilakukan Deddy Corbuzier ketika host acara Hitam Putih itu benar-benar berjumpa dengan sosok kontroversial bernama Lucinta Luna itu.

Lalu, benarkah hanya itu?
Satu hal lainnya yang membuka kemungkinan video itu trending adalah keingintahuan masyarakat-net terhadap apa yang akan dilakukan oleh Lucinta Luna di tempat Deddy Corbuzier. Apa motivasinya dan mengapa harus melakukannya?

Jika, penulis menempatkan diri sebagai penonton yang mengetahui sisi kontroversial Lucinta Luna, maka, penulis akan menyatakan bahwa apa yang dilakukan Lucinta Luna terlalu berlebihan. Membuat kehebohan yang kemudian mengusik kenyamanan orang lain di tempat orang tersebut---bukan contoh yang baik. Selain itu, ada pertanyaan yang menggelitik bagi penulis saat ada aksi dari Lucinta Luna ini. Yaitu, mengapa baru sekarang dia marah-marah kepada Deddy Corbuzier jika dia merasa mantan magician ternama di Indonesia itu melakukan tindakan yang menyakiti perasaannya? Itulah yang membuat penulis menjadi bagian dari masyarakat-net yang menonton video tersebut dan membuat video tersebut trending sampai sekarang (25/4).

Meskipun penulis berupaya hanya ingin tahu tentang ketertarikan penonton terhadap video tersebut. Namun, pada akhirnya penulis juga memiliki pertanyaan yang mungkin hanya akan menjadi 'hiasan' di pikiran penulis ataupun netizen. Yaitu, mengapa hanya Deddy Corbuzier yang didatangi? Bukankah tidak hanya Deddy Corbuzier yang berkomentar tentang Lucinta Luna? Bahkan, bukankah komentar orang selain Deddy Corbuzier (apalagi netizen) terhadap Lucinta Luna lebih pedas dibandingkan Deddy Corbuzier?

Pertanyaan-pertanyaan itu begitu menggelayut di pikiran penulis ketika menonton video itu. Apalagi, jika disertai dengan membaca beragam komentar netizen/viewer di video tersebut. Begitu janggal dan mengundang banyak pertanyaan.

Di sini pula, pada akhirnya penulis juga menemukan satu hal yang dapat menjadi bagian dari penyebab trending-nya video itu. Yaitu, komentar netizen. Rata-rata, penonton di video tersebut juga ingin mengetahui bagaimana reaksi netizen. Tidak hanya orang awam, melainkan awak media pun dapat dipastikan akan mencari tahu bagaimana reaksi netizen terhadap video tersebut. Selain itu, dengan kolom komentar yang terbuka di video tersebut, maka, masyarakat-net juga punya kesempatan untuk bersuara (menilai aksi Lucinta Luna). Sehingga, "bim salabim, jadi trending! Prok prok prok!"

Video klarifikasi Deddy Corbuzier dan MV Lucinta Luna trending 1&2 (25/4). (Screenshots/youtube.com)
Video klarifikasi Deddy Corbuzier dan MV Lucinta Luna trending 1&2 (25/4). (Screenshots/youtube.com)
Satu-satunya yang bisa membuat penulis 'menikmati' (memahami) aksi nekad Lucinta Luna itu adalah ketika penulis menempatkan diri sebagai masyarakat yang tidak terlalu ambil pusing dengan isu-isu kontroversial Lucinta Luna. Karena, mungkin apa yang sudah dilakukan Deddy Corbuzier ada yang memang menyakiti perasaan Lucinta Luna. Sehingga, aksi tersebut cukup bisa dimaklumi. Karena, dapat disebut sebagai upaya membela hak dan harga diri. Hak sebagai orang yang boleh hidup sebagai figur publik dan berkarya di jagad hiburan. Lalu, membela harga diri sebagai manusia yang pastinya memiliki perasaan dan bisa tersakiti jika melihat ada orang lain menilai negatif secara terus-menerus.

Namun, sebenarnya itu kembali lagi ke sosok Lucinta Luna. Yaitu, bagaimana dia membawa diri atau beraksi di depan publik---dia adalah figur publik. Karena, apa yang dilakukannya pastinya dapat memancing reaksi negatif dari masyarakat---jika dianggap tidak sesuai dengan nilai-norma di masyarakat. Karena, biasanya penilaian sosial juga bisa disebabkan oleh aksi individu tersebut.

Trending ketiga milik Sabrina. (Screenshots/Youtube.com)
Trending ketiga milik Sabrina. (Screenshots/Youtube.com)
Dari sanalah kemudian masyarakat-net semakin 'kepo' dan hal ini menggiring masyarakat-net untuk 'mengantarkan' video tentang Lucinta Luna ke tangga trending di Youtube Indonesia. Bahkan, tidak hanya di channel Deddy Corbuzier. Di channel Sabrina (pacar Deddy Corbuzier) yang membahas tentang klarifikasi pasca labrakan juga trending---sempat nangkring di posisi kedua sebelum digeser oleh MV Lucinta Luna. Begitu pula di channel The Baldies (duet Deddy Corbuzier dan Anji) yang mencoba membahas pasca momen pelabrakan itu.

Sungguh unik, dan inilah yang membuat penulis merasa terpancing untuk menulis artikel ini. Karena, penulis masih terbayangi banyak pertanyaan seperti yang terurai di atas, tentang trending-nya Lucinta Luna. Kok bisa (trending)?

Channel The Baldies juga bahas Lucinta Luna dan 'calon' trending. (Screenshots/youtube.com)
Channel The Baldies juga bahas Lucinta Luna dan 'calon' trending. (Screenshots/youtube.com)


"Lalu, siapa yang bikin trending itu? Lucinta Luna, Deddy Corbuzier, atau masyarakat-net?"

Malang, 25-26 April 2019
Deddy Husein S.

Tambahan:
Jika ingin menonton video aksi Lucinta Luna labrak Deddy Corbuzier, silakan klik tautan ini.