Mohon tunggu...
Fery Deddy Fahriza
Fery Deddy Fahriza Mohon Tunggu... Lainnya - Music is my soul

Without deviation from the norm, progress is not possible by Frank Zappa

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan

Kolaborasi PT IMIP dan Sombori Dive Conservation: Jaga Ekosistem Pesisir Morowali

9 Oktober 2021   18:36 Diperbarui: 9 Oktober 2021   18:43 196 0 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Perwakilan PT IMIP dan Sombori Dive Conservation yang akan berkolaborasi jaga ekosistem pesisir Morwali . Sumber foto: kailipost.com

Penghargaan Kalpataru 2021 berhasil diraih oleh Sombori Dive Conservation (SDC) dan hal tersebut diapresiasi oleh PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) karena telah mengharumkan nama Morowali. 

Penghargaan Kalpataru 2021 kategori Penyelamat Lingkungan diberikan ke SDC atas jasa-jasanya merawat dan terus menjaga lingkungan di Morowali. SDC diketahui memang aktif memerhatikan permasalahan lingkungan khususnya lingkungan bawah laut. 

Seperti memprakarsai gerakan Kampanye Stop Destructive Fishing (DF) dan Illegal Fishing (IF) pada Maret 2021 silam hingga meminta pemerintah untuk rehabilitasi terumbu karang di Wisata Pulau Sombori.

Apa yang dilakukan SDC sangat sejalan dengan yang dijunjung tinggi oleh PT IMIP yaitu peduli terhadap lingkungan. Jika SDC gencar rehabilitasi terumbu karang, maka PT IMIP beraksi dengan rehabilitasi mangrove hingga berencana membuka lahan seluas 30 Ha demi tanaman pelindung dunia tersebut.

Gerakan rehabilitasi mangrove bukan baru-baru ini saja dilakukan IMIP namun sudah dari tahun 2020, sejalan dengan rencana Kementerian Lingkungan Hidup yang akan lebih serius lagi menggarap rehabilitasi mangrove di sejumlah wilayah Indonesia.

Maka demikian, PT IMIP yang sebelumnya sudah bekerjasama dengan beberapa instansi di Morowali dari pihak kecamatan, Universitas Tadulako di Palu hingga komunitas pecinta alam berencana untuk menggandeng SDC Morowali untuk menggodok pelestarian ekosistem pesisir Morowali secara berkelanjutan sebagai salah bentuk apresiasi yang diberikan.

Irsan Widjaja, Direktur Operasional PT IMIP, mengatakan, isu pelestarian lingkungan menjadi fokus utama perusahaan dalam mengelola lingkungan secara berkelanjutan sejak kawasan industri PT IMIP berdiri.

Dan dengan adanya capaian prestasi dari SDC Morowali, menjadi bukti bahwa lingkungan Morowali khususnya yang berada di daerah pesisir membutuhkan perhatian semua pihak.

Kasmudin, Ketua SDC Morowali merespon baik atas apresiasi yang telah diberikan PT IMIP sebagai dukungan kepada pihak SDC yang telah meraih penghargaan Kalpataru 2021 kategori penyelamat lingkungan. 

Penggagas Sombori Dive Conservation tersebut berharap dengan Penghargaan Kalpataru 2021 yang telah diberikan Kementerian Lingkungan Hidup ini dapat memotivasi semua pihak dari warga, pemerintah hingga pelaku industri sekitar untuk terus peduli pada ekosistem pesisir yang ada di Morowali.

Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan