Mohon tunggu...
Deasy Kania R
Deasy Kania R Mohon Tunggu... Lainnya - Hotel Management Graduate, Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019 Awardee.

Food & Beverage, Beauty, and Lifestyle.

Selanjutnya

Tutup

Money

Mempertahankan Bisnis Hospitality di Masa Pandemi dengan Kemajuan Teknologi

24 September 2021   15:38 Diperbarui: 30 November 2021   20:33 284
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber gambar: markey.id

Halo teman-teman, saya Deasy Kania Rhamadhanti C, mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti sekaligus Awardee dari Beasiswa Unggulan Kemendikbud.  Tulisan ini merupakan cara saya memberikan bacaan dan informasi yang dapat dimanfaatkan bagi teman-teman semua. Selamat Membaca!

Pada masa pandemic ini, banyak pemilik bisnis yang berusaha untuk mengupayakan bagaimana bisnis mereka tetap berjalan. Salah satu Industry besar yang terkena dampaknya adalah Industry Hospitality. Para pemilik usaha di bidang Hospitality tidak hanya mengupayakan bagaimana Hotel mereka tetap buka, namun bagaimana merancang strategi agar bisnis mereka bisa bertahan. 

Situasi pandemic sangat berdampak besar bagi perekonomian di seluruh dunia. Tentunya, menjalankan bisnis tanpa beradaptasi pada situasi dapat berpengaruh pada bisnis yang kita miliki. Banyak Strategi yang dapat dilakukan untuk mempertahankan bisnis pada masa pandemic, salah satunya berupa “Counter Attack”.

Counter Attack yang berarti serangan balik merupakan strategi yang dilakukan oleh perusahaan guna mengantisipasi serangan tiba-tiba yang terjadi pada keberlangsungan perusahaan tersebut. Serangan yang dimaksud bisa dari berbagai situasi, seperti faktor pandemi, pesaing bisnis dsb. Counter Attack biasanya berupa plan B yang dimiliki suatu perusahaan, memberikan promo pada produk maupun service yang dijual, dan analisa pasar yang sedang trend saat ini.

Salah satu taktik bisnis yang dapat dilakukan adalah dengan bergantung pada Teknologi.

Ada beberapa hal yang dipengaruhi oleh teknologi, sehingga para pemilik bisnis harus mempersiapkan segala kemungkinan yang terjadi pada era globalisasi masa  pandemic. Hal hal yang termasuk kemajuan teknologi berupa:

  • Touchless Technology

Kemajuan technology ini berupa penggunaan alat maupun gadget tanpa menggunakan sentuhan.  Seperti contohnya pada brand Apple yang menggunakan “Siri” sebagai digital voice assistant yang membantu pengguna device tersebut untuk lebih mudah dan cepat mencari sesuatu secara online maupun offline.

  • Social Media Campaign

Penggunaan Social Media Campaign biasanya diperuntukan untuk mempromosikan sesuatu secara online di media social. Promosi yang dilakukan berupa secara campaign, seperti memperingati hari kanker nasional yang diselenggarakan di Hotel Grand Hyatt Jakarta. Selain bertujuan untuk campaign hal positif, kesempatan ini juga diperuntukan sebagai ajang promosi hotel tempat penyelenggara event.

  • Digital Keyless Door

Era digital yang semakin lam semakin maju memberikan dampak yang luas terutama dampak kecil seperti peggunaan Digital Keyless Door yang menggunakan Passcode sebagai pembuka kunci pintu. Kemajuan ini didukung banyak orang terutama dari segi keamanan yang lebih terjaga.

  • Online Meeting

Pada masa pandemic, segala kegiatan diluar ruangan dibatasi terutama bertemu rekan kerja maupun client bisnis. Semenjak dibatasinya kegiatan bermasyarakat, dikembangkannya online meeting yang diinspirasi dari fitur video call sehingga pada perkembangan platform ini, penggunaan video call tidak hanya untuk 2 orang namun bisa untuk ratusan hingga ribuan orang hanya dengan menggunakan 1 aplikasi. Kemajuan ini sangat memudahkan keberlangsungan aktvitas yang sebelumnya ditunda karena pandemic.

  • Augment Reality

Augmented reality atau yang biasa disebut AR merupakan kemajuan teknologi  yang menggabungkan benda maya dua dimensi dan ataupun tiga dimensi ke dalam sebuah lingkungan nyata lalu memproyeksikan benda-benda maya tersebut secara realitas dalam waktu nyata. Fitur ini biasa diaplikasikan pada papan ikan saat memasuki hotel seperti menunjukan mascot hotel yang sedang menunjukan fitur didalam hotel.

  • Digital Marketing

Digital Marketing merupakan suatu aktivitas promosi di media digital. Seperti contohnya mempromosikan bisnis di media social, digital billboard dll.

  • Online Review

Online Review merupakan sebuah ulasan secara online yang diunggah oleh customer/pelanggan yang menunjukan pendapat mereka mengenai produk atau service yang diberikan oleh suatu perusahaan/bisnis.

  • 360 VR Room Tour

360 VR Room Tour  adalah tur secara vistual yang menunjukan seisi ruangan atau kamar di Hotel.

  • Online Booking & Check in 

Sistem booking online atau sistem pemesanan online adalah sistem pada software yang dipergunakan untuk manajemen reservasi. Sistem ini memudahkan bisnis travel atau pun perhotelan untuk menerima pemesanan dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Setelah booking dilakukan, tamu juga dapat melakukan online check in di online travel agent sebagai platform booking tamu.

Sebagai para pemilik bisnis, kita harus bisa menciptakan ide kreatif dan menyusun strategi bisnis guna mempertahankan bisnis di masa pandemic. Team work, komunikasi yang baik antar staff dan memberikan service yang tepat dan memuaskan merupakan contoh strategi yang dapat diaplikasikan pada bisnis di bidang pariwisata dan hotel.

Sekian dari pembahasan saya mengenai Mempertahankan Bisnis Hospitality di Masa Pandemi dengan Kemajuan Teknologi. Saya harap tulisan ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dan jangan ragu-ragu untuk memberikan kritik dan saran mengenai artikel ini. Terima kasih, salam Kompasiana!

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun