Mohon tunggu...
Dean ar
Dean ar Mohon Tunggu... Mahasiswa

Menulis Berita

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Teknologi

Melonjaknya Streamer Gaming di Tengah Pandemi

23 April 2021   08:00 Diperbarui: 28 April 2021   00:38 103 1 0 Mohon Tunggu...

Pandemi sudah berumur 1 tahun di Indonesia , virus Covid-19 banyak membuat dampak yang cukup signifiktan terhadap beberapa kalangan. Dampak yang ditimbulkan cukup signifikan, tidak hanya kesehatan saja tetapi berdampak juga terhadap pendidikan, social dan khususnya ekonomi masyarakat.  Akibat yang dirasakan sangat meresahkan bagi masyarakat Indonesia , banyak perusahaan - perusahaan di Indonesia yang memilih untuk mem-PHK karyawanya guna mempertahankan perusahaan agar tetap bisa berdiri,di masa-masa sekarang masyrakat dituntut untuk hidup dengan tidak bergantung kepada orang lain .

            Pada akhirnya pemerintah menyerukan  seluruh masyarakat untuk mengurangi aktivitas di luar rumah , lantas hal tersebut harus dimanfaatkan oleh beberapa pihak yang sempat terganjal ekonomi agar selama pandemic tetap bisa menghidupi .Di masa pandemic ini masyarakat sudah mulai terbiasa dengan kehidupan yang bisa dibilang baru, masyarakat kini harus benar-benar memutar otak agar kompor tetap menyala . Era tekhnologi berkembang cukup pesat di dunia ini . Terkhusus internet ,dari internet sendiri kita dapat mengakses banyak hal di dalamnya , Apapun yang kita inginkan kini tersedia di Internet.

            Internet di masa ini cukup laris dengan segmentasi pasar di dalamnya, bahkan saat ini pekerjaan sudah banyak yang dilakukan dirumah yang biasa kita dengar dengan sebutan WFH (Work From Home). Selain pekerjaan, Pendidikan masa kini juga sudah menggunakan system online. Sejauh ini masyrakat sudah mulai terbiasa dengan tekhnologi internet karna di dalamnya juga sudah lengkap karena terdapat informasi,game, dan hiburan-hiburan lain yang dapat membuat masyaaarakat menjadi semakin nyaman dengan adanya internet.

            Dengan Internet aktivitas online masyarakat memiliki kemajuan yang cukup pesat terutama di bidang informasi dan hiburan , tak bisa dipungkiri kegiatan sekolah dan bekerja sangatlah membosankan maka dari itu banyak dari masyarakat banyak yang mencari hiburan dan bermain game secara online guna menghilangkan kebosanan.

            Dimasa pandemic ini ternyata banyak kegiatan yang dapat menghasilkan pundi-pundi uang dengan mudah dan bisa sesuai dengan hobby , salah satunya adalah dengan bermain game . Di era ini, permainan game online berkembang cukup pesat , selain karna adanya e-sport , dimana gamer bisa menjadi pemain game professional , ternyata para gamer ini juga bisa mendapatkan uang dengan cara Streaming dengan konten game di dalamnya.

            Streaming game di Indonesia menjadi sebuah jembatan ekonomi baru bagi beberapa belahan masyarakat yang memiliki hobby bermain game, seperti di lansir Hybird.co.id "Industri gaming bernilai US$120, Indonesia merupakan salah satu negara dengan pertumbuhan yang cukup pesat dengan angka pertumbuhan mencapai 210 persen ungkap Michael Rose Head Of Southeast Asia game partnership at facebook ,dalam sebuah konfrensi pres 8 mei 2020. Hal tersebut membuktikan bahwasanya streaming cukup berkembang pesat apalagi ditengah pandemic seperti ini .

            Dari riset yang saya lakukan 6 dari 10 orang lebih suka menonton orang bermain game dari pada bermain sendiri dan sisanya suka bermain sendiri. Dari data di atas dapat disimpulkan bahwasanya orang lebih suka menonton tayangan game dari pada bermain game sendiri karna berbagai macam hal, salah satunya karna game yang dilihat tidak dapat dimainkan penonton.

            Streaming Game dipandang menjadi sasaran baru bagi para pelaku ekonomi mengingat feedback masyarakat yang cukup baik. Banyak platform yang menyediakan jasa untuk mempermudah streaming , platform tersebut menjadi pihak ke 2 guna membantu streamer agar lebih mudah menayangkan straminganya kepada masyarakat luas. Selain itu Platform streaming juga mempermudah dan mempernyaman para penonton untuk melihat tayangan streamer.

            Manuver baru ini disebut dengan easy money karena pekerjaan yang sesuai dengan hobby , adapun pembayaran atau pendapatan yang di dapat oleh streamer, dapat diambil dari berbagai hal, contohnya adalah iklan dari platform dan juga saweran yang diberikan oleh penonton, saweran ini di berikan kepada streamer guna mendukung dan mensuport streamer agar terus bisa streaming. Tetepi Streaming game juga harus bermodalkan alat  untuk menunjang kualitas streaming itu sendiri, lalu untuk menjadi stremer juga harus memiliki modal yaitu konsisten, hal tersebut bertujuan agar penonton yang melihat streaming akan bertambah semakin banyak.

            Ditengah pandemic ini memang masyarakat harus benar-benar melihat peluang bisnis dan memutar otak dengan keras guna bisa bertahan hidup tanpa bergantung pada apapun. Melesatnya panggung dunia hiburan di Indonesia khususnya online ini harus dimanfaatkan sebagai peluang bisnis. Streaming game adalah salah satu contoh peluang bisnis yang dilihat oleh masyarakat Indonesia, di balik itu semua pasti ada kelemahan dan juga kelebihan yang dapat dipetik.

VIDEO PILIHAN