Mohon tunggu...
Davie
Davie Mohon Tunggu... Pelajar SD Negeri 61 Palembang Kelas 4 A

Cuma anak kecil, bisa cerita apa kecuali tentang keseharian dan hayalannya.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Pilihan

Mengenal Hubungan Bangun Datar dan Bangun Ruang

3 Mei 2020   10:18 Diperbarui: 7 Mei 2020   10:17 2262 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Mengenal Hubungan Bangun Datar dan Bangun Ruang
DIY Alat Peraga Bangun Matematika (Dok.Pribadi)

Halo kawan-kawan, bagaimana kabarnya ?.  Tetap sehat kan selama belajar di rumah di masa covid 19.  Meski tidak belajar di sekolah dan bertemu teman-teman kita tetap semangat belajar ya. 

Dengan bimbingan guru meskipun melalui handphone tetapi kita masih bisa belajar dengan bimbingan Ayah atau Bunda. Banyak media belajar yang bisa dipersiapkan untuk mempermudah kegiatan belajar dari rumah. 

Salah satunya yaitu dengan belajar melalui saluran TVRI. Asik kan nonton tv aja sambil belajar. Tapi ada soal yang harus dikerjakan kok dan itu nantinya akan diserahkan kepada guru yang sebelumnya di periksa dulu oleh Ayah dan Bunda. Minggu ini, tepatnya di hari senin tanggal 27 April 2020 ditayangkan bimbingan belajar gemar matematika bersama Pak Ridwan.

Kata bunda pelajaran untuk kelas 4-6 kali ini adalah agar kita mengetahui berbagai bentuk bangun bangun ruang serta mampu menjelaskan hubungan antara bangun datar dan bangun ruang berdasarkan ciri-cirinya .

Untuk mempermudah dalam memahaminya, saya terlebih dahulu belajar mengerjakan kerajinan kertas kerja bangun ruang prisma segitiga dan segi empat. 


Alat-alat yang disiapkan adalah kertas, gunting, lem dan pensil warna. Jangan lupa untuk memperhatikan petunjuk pengerjaannya. Jika terdapat garis lurus artinya kertas harus dipotong dan jika ada garis putus-putus artinya kertas harus dilipat. 

Agar makin cantik kertas bisa diberi warna dengan pensil warna. eh tetapi kali ini aku menggunakan krayon karena warnanya lebih terang dari pada pensil warna biasa. Berikan lem pada semua pola yang sebelumnya telah digunting yang kemudian satukan dengan ke semua polanya sehingga membentuk prisma .

Apa itu Prisma

Prisma adalah bangun ruang dengan bidang alas dan bidang tutupnya berbentuk sama persis dan sejajar serta dengan sisi tegak atau selimutnya dapat berbentuk persegi panjang atau jajar-genjang. 

Prisma ada bermacam-macam sesuai dengan bentuk alas dan tutupnya.Bisa prisma segitiga, prisma segiempat, prisma segilima dan lain sebagainya. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x