Mohon tunggu...
Burhan Abdillah Sanjaya
Burhan Abdillah Sanjaya Mohon Tunggu... Blogger dan Programmer -

Selanjutnya

Tutup

Trip

Keindahan Wisata Gua Tanding Jogja Yang Siap Menyaingi Ketenaran Gua Pindul

18 Juli 2018   13:59 Diperbarui: 18 Juli 2018   19:02 820
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Deretan destinasi wisata di Kabupaten Gunungkidul seperti nya tak terbantahkan pesona nya, wisatawan lokal hingga mancanegara sudah mengakui kalau salah satu Kabupaten Daerah Istimewa Yogyakarta tersebut identik branding sebagai Kabupaten penghasil objek wisata-wisata eksotis. Terkenal memiliki pantai laut selatan sangat indah, namun wisata Gua di Gunungkidul pun tak kalah menarik para wisatawan agar senantiasa berkunjung kesana. 

Hingga Sekarang Gua Pindul masih menyandang sebagai destinasi wisata gua paling diminati sejak 2013, namun di akhir tahun 2015 sampai sekarang mulai bermunculan wisata-wisata gua baru yang siap menandingi bahkan meruntuhkan kedigdayaan goa Pindul, misal ada wisata Gua Tanding Jogja yang juga memiliki keindahan identik dengan gua Pindul terlihat dari stalaktit dan stalagmit yang begitu mempesona dan menurut penelitian memiliki usia ratusan tahun.

Wisata baru Gunungkidul ini yang diresmikan sekitar awal tahun 2016, lokasi nya berdekatan wisata gua Pindul, sepertinya memang ditakdirkan untuk menandingi pesona dimiliki oleh gua Pindul. Tak hanya lokasi nya saja berdekatan, kedua wisata tersebut pun masih satu perlintasan satu aliran sungai. Walaupun memiliki banyak kesamaan, tetap saja memiliki perbedaan yakni sungai di bawah gua Tanding memiliki lorong gua cukup panjang serta lebih lebar.

trell.co
trell.co
Umumnya pengunjung menjadi gua Tanding Gunungkidul sebagai alternatif wisata lain, apabila wisata Goa Pindul penuh sesak pengunjung, terlebih ketika memasuki musim-musim liburan atau pun liburan nasional. Bisa jadi hal tersebut merupakan salah satu gagasan cerdas oleh pihak pengelola wisata membuka serta mengelola objek wisata lain, sebagai bentuk solusi mengantisipasi tinggi nya pengunjung ke goa Pindul.

Saat menyusuri sungai bawah tanah, wisatawan bisa menyaksikan fenomena dari keindahan stalaktit dan stalagmit yang sangat eksotis bergelantungan secara acak pada atap-atap gua. Menurut informasi beredar kalau stalaktit dan stalagmit tersebut masih aktif, bila ingin membuktinya maka tinggal menyoroti nya menggunakan lampu sorot senter, nah bakal terlihat kelap-kelip seperti kristal. Menurut informasi, bahwa gua Tanding memiliki lebar sekitar 4 hingga 8 meter, sedangkan tinggi gua kurang lebih 4 hingga 11 meter dan panjang gua sekitar 450 meter.

Hanya saja kekurangannya Gua di Gunungkidul ini tak memiliki pintu kelar alias gua buntu, oleh karena itu lalu-lintas keluar dan masuk gua harus melalui pintu yang sama. Dampak itu pun juga semakin memperpanjang di sektor antrian pengunjung makin membludak, apalagi ketika memasuki musim liburan, kebayangkan kan sob berapa lama harus menunggu giliran.

trell.co
trell.co
Menyelesaikan masalah antrian, pihak pengelola sudah memiliki solusi nya yakni memberangkatkan tubing cave secara berkelompok berdasar kan kelompok perahu karet, dimana dalam satu kelompok terdapat 2 hingga 3 perahu karet dalam sekali perjalanan wisata. Perahu karet hanya dapat dinaiki oleh 6 orang saja. Dalam sekali perjalanan wisata memerlukan waktu sekitar 90 menit.

Lokasi wisata goa Tanding berada di Duku Gelaran II, Kelurahan Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55891. Kalau kawan sudah pernah berlibur ke gua Pindul, dijamin bakal lebih mudah dalam menemukan objek wisata. Kalau dari kota Yogyakarta jarak nya sekitar 41 kilometer atau setidaknya memerlukan waktu tempuh kurang lebih 1 jam lebih.

Berbeda dengan tiket wisata gua Pindul tergolong murah yakni sekitar Rp. 30.000 per orang, sedangkan harga tiket masuk gua Tanding dibandrol sekitar Rp. 250.000 dalam bagian paket wisata. 

Walaupun tergolong malah, pengunjung dibuat tak kecewa berlibur disana, sebab keindahan dinding karst gua yang sangat cantik berkilau bagai keemasan. Dalam satu paket wisata sudah termasuk penggunaan perahu karet, tour guide, snack makanan dan sefty pack. Bagi kawan berminat, buruan berkunjung ke goa Tanding dan rasakan keseruan liburan berkesan.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun