Mohon tunggu...
Hendrikus Dasrimin
Hendrikus Dasrimin Mohon Tunggu... Mahasiswa - Scribo ergo sum (aku menulis maka aku ada)

Kunjungi blog saya, tema PENDIDIKAN: https://dasrimin-punya-coretan-lepas.blogspot.com/

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Artikel Utama

Memahami Analisis Kebijakan dalam Dunia Pendidikan

25 Juli 2022   11:26 Diperbarui: 31 Juli 2022   06:33 643 39 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilustrasi dunia pendidikan. (sumber: freepik.com via Kompas.com)

Sebagai salah satu lembaga penting suatu Negara, pendidikan diprioritaskan menjadi yang utama untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia. 

Dengan meningkatkan mutu pendidikan, Negara akan menjadi maju dan berkembang. Untuk meningkatkan mutu pendidikan maka diperlukan analisis-analisis dalam menangani masalah kebijakan yang sudah dibuat. 

Pembuatan kebijakan tersebut dikomando langsung oleh pemerintah. Fattah (2013) menjelaskan bahwa analisis kebijakan pendidikan menggambarkan bagaimana Negara merencanakan dan menuju pada prioritas pendidikan, kemudian hasil analisis tersebut harus dijelaskan oleh adanya faktor-faktor global ketika menentukan kebijakannya.

Dalam membuat kebijakan tersebut ada beberapa hal yang  perlu diperhatikan antara lain yaitu mutu pendidikan yang sampai saat ini terbilang masih belum mencapai kesempurnaan, bukan karena pelaksanaannya maupun pada hasilnya, akan tetapi pada kebijakan-kebijakan yang dibuat oleh pemerintah yang kemudian diterapkan di sekolah dan lembaga pendidikan lainnya.

Dalam perkembangan perjalanannya, Indonesia melalui kementrian pendidikan sudah melakukan beberapa pergantian kurikulum. Pergantian tersebut bukan karena tidak ada tujuan, melainkan untuk menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan di masyarakat. 

Dalam pembaruan kebijakan tersebut terdapat hambatan-hambatan yang muncul dan solusi yang telah diupayakan untuk mengatasinya. 

Maka dari itu kemendikbud selaku poros pendidikan di Indonesia selalu memperbarui dan merevisi kebijakan-kebijakan yang dibuat, untuk menyesuaikan kebutuhan lembaga pendidikan yang berjalan. 

Melalui metode dan formulasi kebijakan ini yang akan mampu membantu dalam menyelesaikan masalah kebijakan dalam pendidikan.

Kebijakan pendidikan yang ditujukan kepada masyarakat pada dasarnya merupakan landasan yang berisi tentang beberapa aturan yang dijadikan sebagai pedoman dalam dunia pendidikan, supaya pendidikan di Indonesia berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. 

Sedangkan bagi stakeholder, kebijakan tersebut sesuai dengan aturan wajib yang dibuat demi keberlangsungan pendidikan yang ditetapkan, melalui metode serta formulasi yang tepat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan