Mohon tunggu...
Darwin Kalbar
Darwin Kalbar Mohon Tunggu... Guru - Guru Informatika SMAN 1 Toho

Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Mempawah

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwi Mingguan Modul 1.1 Filosofi Pemikiran Ki Hajar Dewantara

27 April 2023   09:11 Diperbarui: 27 April 2023   21:55 759
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: canva.com and editing

Untuk melihat videonya, silahkan klik : Filosofi Pemikiran KHD Sumber Winedu Channel Youtube

Salam dan bahagia bapak ibu guru guru penggerak, perkenalkan saya Darwin,

Setelah mengikuti pembelajaran pada modul 1.1 tentang Filosofi Pemikiran Ki Hadjar Dewantara, saya sebagai peserta Calon Guru Penggerak Angkatan 7 Kabupaten Mempawah ingin membagikan pengalaman saya selama 2 minggu ini.

Disini saya akan menyampaikan refleksi dengan menggunakan model 4F atau 4P yaitu Facs (Peristiwa), Filing (Perasaan), Findings (Pembeajaran)  dan Future =baca Fiuther (Penerapan)

1.   Facts (Peristiwa):

Kegiatan CGP dimulai pada tanggal 20 oktober 2022 yaitu pembukaan PGP angkatan 7 oleh kemendikbud ristek. Selanjutnya pada tanggal 21 oktober dilaksanakan pretes pada modul 1. Kemudian pada hari Senin tanggal 24 oktober dilaksanakan lokakarya orientasi di SMPN 2 Mempawah Hilir, kegiatan tersebut terdiri dari : pembukaan lokakarya, games perkenalan, kesepakatan kelas, harapan dan kekhawatiran, membuat kesepakatan dengan kepala sekolah, identifikasi posisi diri, evaluasi kompetensi diri, dan membuat rencana pengembangan diri. Dan kami diperkenalkan dengan LMS melalui SIMPKB dan mulai mengisinya dari mengenal filosofi pemikiran KHD. pada tanggal 25 Oktober dilakukan vicon pertama bersama Fasilitator pak rahmat hidayat, Pengajar Praktik Pak Eko dan Rekan-Rekan CGP 2 kelompok, yaitu dari Kapuas Hulu dan Mempawah. Pada vicon pertama materi eksplorasi konsep membahas tentang pemahan peserta mengenai filosofi pemikiran KHD tentang pendidikan. pada tanggal 27 oktober melaksanakan vicon materi eksplorasi konsep sesi 1 yang membahas tentang sosial kultural daerah setempat yang dapat dijadikan sebagai dasar menumbuhkan karakter anak di sekolah. Pada tanggal 29 Oktober dilaksanakan vicon materi ekplorasi konsep sesi 2 yang mana tiap tiap kelompok mempresentasikan hasil diskusinya mengenai potensi sosial kultural dalam menumbuhkan karakter anak. Pada tanggal 2 nopember dilaksanakan vicon materi elaborasi pemahaman dengan fasilitator bapak Dr. Rivai, M.Pd. melalui pencerahan beliau banyak informasi yang dapat kami terapkan dalam pelaksanakan pembelajaran kurikulum merdeka berdasarkan pemikiran KHD

Disamping itu juga, kami telah menyelesaikan tugas mandiri dan tugas kelompok membuat video dan tulisan mengenai pemikiran KHD, strategi mewujudkan pemikiran KHD dan kesimpulan pemikiran KHD yang diupload melalui youtube dan google drive.

Selama mengikuti pembelajaran baik secara mandiri maupun melalui daring, saya banyak memperoleh pengetahuan mengenai pelaksanaan pembelajaran baik di kelas maupun di sekolah berdasarkan pemikiran KHD dan sangat menarik dan menggugah diri saya untuk terus belajar dan menggali informasi. Saya sangat beruntung mengikuti pembelajaran calon guru penggerak sebab selama ini model dan gaya saya mengajar dan mendidik murid di sekolah masih jauh dari harapan KHD. Sehingga memicu saya untuk terus belajar dan banyak membaca serta intropeksi diri.

Selama mengikuti pembelajaran, hambatan utama saya adalah keterampilan dalam membuat tugas berupa video melalui aplikasi web yang tersedia yaitu melalui Canva. Namun setelah melihat berbagai tutorial dan beberapa kali percobaan, saya akhirnya dapat membuat video pertama saya melalui aplikasi Canva dan saya share di youtube. Dan alhamdulillah banyak viewer yang menonton dan memberikan umpan balik mengenai video yang saya tampilkan.

2.   Feelings (Perasaan)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun