Mohon tunggu...
Darsono
Darsono Mohon Tunggu... Guru - Guru SMK Negeri 6 Surakarta

Guru SMK Negeri 6 Surakarta sejak Th. 1998 bidang mengajar Multimedia

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal 9 - Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi

17 Mei 2022   08:49 Diperbarui: 20 Mei 2022   10:45 578 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

2.1.a.10.1. Jurnal Refleksi - Minggu 9 Guru Penggerak

Pembelajaran berdiferensiasi adalah pembelajaran yang mengakomodir kebutuhan belajar murid. Guru memfasilitasi murid sesuai dengan kebutuhannya, karena setiap murid mempunyai karakteristik yang berbeda-beda, sehingga tidak bisa diberi perlakuan yang sama. 

Dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi guru perlu memikirkan tindakan yang masuk akal yang nantinya akan diambil, karena pembelajaran berdiferensiasi tidak berarti pembelajaran dengan memberikan perlakuan atau tindakan yang berbeda untuk setiap murid, maupun pembelajaran yang membedakan antara murid yang pintar dengan yang kurang pintar.

Ciri-ciri atau kerekteristik pembelajaran berdiferensiasi antara lain; lingkungan belajar mengundang murid untuk belajar, kurikulum memiliki tujuan pembelajaran yang didefinisikan secara jelas, terdapat penilaian berkelanjutan, guru menanggapi atau merespon kebutuhan belajar murid, dan manajemen kelas efektif.

Dalam kegiatan refleksi minggu ke-9 ini, admin akan membagikan contoh refleksi dengan menggunakan metode 4C ( Connecting, Challenge, Concept, and Change ).

1) Connecting

  • Mengawali kegiatan belajar pada modul 2 yaitu Modul 2.1 adalah pretest, dilanjutkan pembahasan paket Modul 2.1 Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid melalui Pembelajaran Berdiferensiasi.
  • Seperti halnya teori pembelajaran yang diungkap Tomlinson (2000) bahwa "Pembelajaran diferensiasi adalah usaha sadar untuk menyesuaikan proses pembelajaran di kelas untuk memenuhi kebutuhan belajar setiap individu."
  • Kami mengikuti Lokakarya 2 di Hotel Swiss Bell Surakarta yang membahas Komunitas Praktisi bersama CGP dan Pendamping.
  • Kami berdiskusi bersama Bapak Fasilitator, teman-teman sesama CGP dalam satu kelompok, mengeksplorasi konsep mengenai Pembelajaran Berdiferensiasi dalam ruang kelompok LMS dan grup whatsApp.

2) Challenge

Ada beberapa hal positif yang lahir dari penerapan Pembelajaran Diferensiasi ini yang membuat saya banyak tertarik pada :

  • Setiap murid dikelas akan dihargai, akan menyambut dan merasa disambut dengan baik ( sesuai kebutuhan belajar masing-masing )
  • Setiap murid didalam kelas tersebut saling menghargai satu sama lain
  • Setiap murid akan merasa aman dan nyaman dalam belajar dikelas
  • Ada harapan bagi pertumbuhan (setiap murid akan tumbuh dan berkembang kearah peningkatan kualitas belajar masing-masing)

3) Concept

* Kosep utama yang penting untuk terus dibawa, digerakkan dan dipraktikkan adalah penerapan pembelajaran berdiferensiasi yakni model pembelajaran yang berpusat pada siswa. Dasar pemikiran pembelajaran diferensiasi adalah siswa memiliki kesiapan belajar, minat ,dan profil belajar yang berbeda. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan