Mohon tunggu...
Dany Aswir
Dany Aswir Mohon Tunggu... universitas Khairun

universitas Khairun Ternate fakultas teknik pertambangan

Selanjutnya

Tutup

Ekonomi

Pentingnya Industri Pertambangan

22 Oktober 2019   09:10 Diperbarui: 22 Oktober 2019   09:09 0 0 0 Mohon Tunggu...

Pada umumnya orang mengartikan tambang merupakan suatu kegiatan yang merusak lingkungan. Persepsi kesan negatif  itulah yang selama ini melekat pada kegiatan pertambangan di Indonesia tanpa mengetahui seberapa besar manfaat dari kegiatan pertambangan tersebut bagi kehidupan manusia. 

Dalam UU No 4 Tahun 2009 tentang Minerba, pertambangan diartikan sebagian atau seluruh tahapan kegiatan dalam rangka penelitian, pengelolaan dan pengusahaan mineral atau batubara yang meliputi penyelidikan umum, eksplorasi, studi kelayakan, konstruksi, penambangan, pengolahan dan pemurnian, pengangkutan dan penjualan, serta kegiatan pasca tambang.

Bahan tambang di Indonesia banyak ditemukan di darat dan di laut. Proses mendapatkan serta mengolah bahan tambang tersebut diperlukan banyak modal, tenaga ahli, dan teknologi tinggi. Pemerintah menghimpun kesemuanya ini dari dalam maupun dari luar negeri. Ada beberapa hasil tambang yang terdapat di Indonesia antara lain: minyak dan gas bumi; logam -- logam mineral antara lain seperti timah putih, emas, nikel, tembaga, mangan, air raksa, besi, belerang, dan lain-lain dan bahan -- bahan organik seperti batubara, batu-batu berharga seperti intan, dan lain- lain.

Hasil dari pertambangan itulah yang diolah untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, contohnya saja tembaga yang digunakan sebangai penghantar listrik. Bagian dalam kabel yang berwarna emas atau agak mengkilap itulah yang disebut tembaga. Bayangkan jika tidak ada tembaga, bagaimana listrik bisa dihantarkan dan anda menggunakan peralatan sehari-hari? kabel dilapisi dengan bahan yang tidak menghantarkan listrik sehingga anda tidak kesentrum ketika memegangnya. Oleh karena itu, sangat dilarang memegang kabel yang terbuka atau terkelupas karena berbahaya akan tegangannya.

Selain penghantar listrik, tembaga juga penghantar panas yang baik. Beberapa peralatan rumah tangga terbuat dari campuran besi dan tembaga sehingga menghasilkan kombinasi yang baik.Manfaat tembaga dalam kehidupan sehari hari memang terpusat pada hal yang panas dan listrik karena manfaat tembaga sangat besar dalam hal ini. Meskipun begitu, dulu ketika zaman masih belum begitu maju, tembaga juga digunakan untuk campuran membuat senjata perang.

Selain tembaga,hasil tambang batu bara juga memiliki peranan yang cukup penting bagi kehidupan dan itu bisa dibandingkan dengan manfaat air bagi kehidupan, karena pada zaman sekarang semua serba canggih dan kecanggihan tersebut dibantu oleh energi dari batu bara. Oleh karena itu, bila batu bara tidak bisa diprediksikan, kehidupan akan menurun apalagi sekarang banyak yang sudah bergantung pada energi yang dihasilkan dari batu bara, dan tidak hanya di Indonesia tetapi negara dibelahan dunia juga menggantungkan segala kegiatan dari energi batu bara sehingga wajar bila sekarang banyak penambang batu bara, karena itu semata hanya untuk mendapatkan energi guna kelangsungan kehidupan.

Begitu besar manfaat batu bara untuk kehidupan. Adapun penggunaan batu bara dalam kehidupan yaitu sebagai bahan untuk produksi baja dan besi, sebagai bahan bakar pembangkit listrik, sebagai bahan bakar cair atau biasa dikenal dengan bahan bakar minyak (BBM), sebagai bahan bakar untuk industri semen, sebagai bahan untuk pembuatan karbon aktif, sebagai penyerap dalam daur ulang minyak pelumas bekas, sebagai sumber bahan untuk tunggu hemat energi yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah tangga maupun industri kecil dan lain-lain. Selain untuk masyarakat, batu bara juga memiliki manfaat yang cukup besar untuk negara yaitu menjaga kestabilan ekonomi, karena semua industri yang ada sekarang menggunakan bahan bakar atau alat yang berasal dari batu bara.

Jadi, apabila tidak ada batu bara maka sudah pasti semua industri yang berjalan akan banyak terhenti sehingga akan berdampak pada perekonomian negara. Apabila batu bara diganti dengan barang lain seperti minyak maka hal tersebut akan menurunkan kinerja semuanya karena pemilihan energi dari batu bara dianggap paling efektif dan menguntungkan, jadi memang begitu besar manfaat batu bara.

Adapun peranan lain barang tambang dan bahan galian dalam pembangunan Indonesia juga dapat menambah pendapatan negara karena hasil tambang ini sebagian besar diekspor, memperluas lapangan kerja, memajukan bidang transportasi dan komunikasi, Besi untuk membuat jembatan, jalan kereta api, konstruksi bangunan, dan industri mobil, Aluminium digunakan untuk membuat badan pesawat terbang, kapal laut, alat dapur, perkakas rumah tangga, uang logam,

Penggunaan hasil tambang harus dilaksanakan secara bijak, karena sebagaimana diketahui barang tambang tergolong dalam kategori kekayaan alam yang tidak bisa diperbaruhi. Penggunaan yang berlebihan atau dalam skala yang besar bisa sangat merugikan. Kerugian yang ditanggungpun tidak kecil, semua elemen bisa ikut merasakann dampaknya, bahkan bisa menimbulkan efek negatif yakni ketika barang tambang ini habis maka sudah dapat dipastikan bahwa kita akan kelabakan atau kesulitan mencari penggantinya Dalam pengelolaan sumber daya alam tambang ini, hendaknya setelah penggalian atau pengolahan jangan sampai merusak atau meninggalkan lingkungan yang berefek buruk bagi masyarakat luas seperti masalah lumpur lapindo. Selain dalam pengelolaan barang tambang yang harus memperhatikan lingkungan, dalam penggunaannya haruslah juga ramah terhadap lingkungan, misalnya dalam pemakaian bensin untuk kendaraan bermotor haruslah diusahakan bahwa kendaraan yang digunakan memiliki standar nasional dalam pembuangan gasnya. Jangan sampai hasil buangan gas dari kendaraan kita menambah polusi udara karena tidak sesuai standar.

Maka dari itu, pengelolaan dan penggunaan barang tambang yang tidak memperhatikan kaidah-kaidah yang benar justru akan membawa keburukan dan menyengsarakan rakyat. Hal ini benar-benar harus dijadikan sebagai perhatian utama karena lingkungan inilah satu-satunya tempat kita hidup. Terkadang kita sering lupa akan hal ini. Kita harus sama-sama  menjaga dan melestarikannya.