Mohon tunggu...
Damanhuri Ahmad
Damanhuri Ahmad Mohon Tunggu... Penulis - Bekerja dan beramal

Ada sebuah kutipan yang terkenal dari Yus Arianto dalam bukunya yang berjudul Jurnalis Berkisah. “Jurnalis, bila melakukan pekerjaan dengan semestinya, memanglah penjaga gerbang kebenaran, moralitas, dan suara hati dunia,”. Kutipan tersebut benar-benar menggambarkan bagaimana seharusnya idealisme seorang jurnalis dalam mengamati dan mencatat. Lantas masih adakah seorang jurnalis dengan idealisme demikian?

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Keagungan Shalawat dalam Maulid Nabi Muhammad SAW

9 Oktober 2022   13:33 Diperbarui: 9 Oktober 2022   13:41 197
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Para ibu-ibu membuat lamang untuk peringatan maulid nabi di masjid. (foto dok damanhuri)

Ketika kontrak belajar disepakati di awal pelatihan imam dan khatib se Padang Pariaman, 5-7 Oktober 2022 di Bukittinggi, para peserta disibukan oleh kontrak itu.

Ya, diluar kegiatan sesi pelatihan yang diadakan Biro Kesra Setdaprov lewat pokok pikiran anggota DPRD Sumbar Muhammad Ridwan.

Sebab, dari kontrak tersebut, terutama yang mengisi waktu dengan membaca Quran, postingan shalawat nabi, dan postingan bermanfaat lainnya, akan dinilai dan dikasih reward di akhir acara.

Postingan video shalawat dari peserta jadi nilai tertinggi, mengingat momen bulan maulud, dimana umat Islam dituntut banyak bershalawat, seraya mengingat perjuangan Nabi Muhammad Saw dulunya.

Masing-masing konten, hanya tiga pemenang, satu sampai tiga terbaik menurut versi panitia yang diberi reward.

Tentu, peserta yang memiliki suara rancak akan menjadi incara panitia untuk dijadikan juara.

Di tambah peserta yang punya kreativitas pula dalam memberikan postingan shalawat tersebut, dengan sendirinya berpotensi dapat hadiah.

Memang hadiahnya tak seberapa. Tetapi, substansi shalawat ini yang menjadi kegemaran peserta, yang dituntut oleh panitia.

Imam dan khatib harus gemar mengaji, rajin bershalawat nabi. Banyak jenis shalat yang tujuannya adalah untuk memuliakan nabi, sekaligus menandakan kecintaan pada nabi.

Momen Rabiul Awal, adalah bulan yang bersejarah. Bulan kelahiran nabi yang patut dihormati dengan melakukan banyak shalawat, tentunya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun