Mohon tunggu...
Daffa Ekza
Daffa Ekza Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Unissula

Daffa Ekza Farhandian Mahasiswa Unissula Prodi Teknik Sipil

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Hak Asasi Manusia

22 Oktober 2021   10:04 Diperbarui: 22 Oktober 2021   10:20 66 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum wr wb ,

Pada kesempatan kali ini , perkenalkan saya Daffa Ekza Farhandian selaku Mahasiswa Unissula dari Prodi Teknik sipil akan memberikan contoh artikel beberapa penjelasan dari Hak Asasi Manusia dan Keadilan didalam Pemerintahan , sebelum itu mari kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat Allah swt, yang telah melimpahkan karunia dan hidayah-Nya sehingga saya dapat membuat artikel untuk memenuhi tugas kewarganegaraan. Selanjutnya ada beberapa penjelasan dan kasus-kasus yang tengah ramai dibicarakan.

contohnya yang sudah saya jadikan dalam satu artikel

Yang sudah kita ketahui akhir-akhir ini sering terjadi pelanggaran bahkan semakin kacau, sistem pemerintah sekarang juga bertindak tidak sesuai dengan kepemimpinan. Saya harapkan dengan artikel ini kita sebagai harapan bangsa Indonesia kedepan kita bisa memperbaiki sistem kepemerintahan di Indonesia dengan baik, jujur dan adil. Keadilan di sebuah negara itu sangat penting, jika negara tanpa keadilan maka negara tersebut akan hancur. Maka dari itu kita mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti yang kita ketahui bahwa keadilan harus bisa meletakkan sesuatu pada tempatnya artinya membenarkan yang benar dan menyalahkan yang salah dengan menempatkan saksi yang telah diberikan. 

Akan tetapi hal tersebut belum terealisasikan di negara kita, banyak sekali contohnya pelanggaran negara namun sanksi yang diberikan tidak adil bahkan keadilan sekarang hanya bertunduk dengan orang-orang memiliki kekuasaan. Begitu rendahnya keadilan sehingga tidak begitu mengherankan banyak sekali kasus pelanggaran dinegara ini karena orang-orang yang berkuasa akan menganggap remeh keadilan sehingga mereka tidak takut ketika melakukan kesalahan. Padahal didalam sistem pemerintahan negara bahwa kedaulatan ada ditangan rakyat. Artinya rakyat juga berperan penting didalam sistem kepemerintahan dan pemerintah dalam setiap mengambil keputusan harus juga memandang rakyat. Negara yang berdaulat juga adanya negara yang berdemokrasi, artinya pemerintah didalam kekuasaannya tidak boleh berwenang-wenang terhadap warganya.

Saat ini tengah ramai pemberitaan mengenai kasus seorang selebgram yang bernama Rachel Vennya Roland. Mesti banyak remaja mengetahui sosoknya tersebut, karena cukup trend di instagramnya. Rachel ini sedang mengalami masalah yang berurusan dengan pemerintah. Karena dia kabur dari wisma atlet untuk menjalani karantina selepas berlibur ke luar negeri.

Banyak yang menyorot dan memberikan tanggapan mengenai perilakunya tersebut, jelas perilaku yang dia lakukan salah dan melanggar peraturan. Padahal dia sosok selebgram dan banyak yang mengenalnya, harusnya lebih menjaga sikap dan perilakunya. Harusnya pelanggaran semacam ini ditindak lanjuti karena sudah melanggar peraturan apalagi ditengah pandemi yang membahayakan saat ini. Pemerintah dalam kasus ini harus lebih bijak, jangan takut akan kekuasaan seseorang. Keadilan itu bagi seluruh rakyat. Dalam arti apabila ada seseorang yang melanggar hukum lebih baik ditindak lanjuti supaya jera dan tidak melakukan hal tersebut.

Banyak sekali kasus yang tidak sesuai dengan keadilan, dan pemerintah pun terlibat didalamnya, seperti kasus-kasus korupsi bahkan sudah tidak asing lagi dinegara kita ada hal tersebut. Hal seperti ini sangatlah merugikan dan tidak patut dicontoh. Wajiblah pemerintah tegas menyusut kasus seperti ini karena rakyat berpatok kepada pemerintah, tetapi pemerintah yang diandalkan rakyat malah sebaliknya malah acuh terhadap hukum yang berlaku dinegara ini dan melanggarnya. Apakah ini yang dikatakan negara maju? Tidaklah, kalau hal semacam ini dibiarkan malah kita rugi sangat  merugikan kita kehilangan orang-orang yang jujur malah membiarkan orang-orang yang berdusta berkeliaran, bahkan tragisnya negara ini semakin menjadi negara yang miskin. Padahal semakin berkembangnya teknologi kita harus semakin maju dan berkembang bukan sebaliknya. Hal semacam inilah yang membuat runtuhnya keadilan karena pemerintah yang seharusnya menjadi contoh dan melindungi, mengayomi rakyat saja melakukan hal yang salah. Kita dinegara ini sudah kehilangan sifat jujur dan keadilan.

 Maukah seperti ini terus? Tidak akan mungkin suatu negara yang maju dengan sitem kepemerintahan tersebut, harusnya siapapun orangnya apabila melakukan kesalahan dan sangat melanggar ketentuan yang berlaku di negara ini harus begitu diadili dan dikenakan sanksi jangan juga kita membeda-bedakan dan janganlah takut terhadap kekuasaan seseorang. Keadilan tidak melihat hal tersebut, yang dilihat keadilan adalah salah dan benarnya seseorang. Sesuai dengan sila ke-5 keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Padahal masih banyak rakyat yang sangat membutuhkan bantuan. Tidak jarang untuk membayar pajak aja kesusahan tetapi mereka tetap membayar karena kewajiban sebagai warga negara, akan tetapi disalah gunakan oleh pemerintah. Ayolah tengok kebelakang kasus kemiskinan di Indonesia juga sangat tinggi terlebih dimasa pandemi saat ini, maka seyogyanya terlebih untuk pemerintah ayolah perbaiki keadaan saat ini dengan tidak korupsi dan lebih memilih menjadi pemimpin yang jujur. Masih banyak orang yang butuh bantuan kalian, tegakkanlah keadilan dinegara ini. Serta kita sama-sama membangun bangsa lebih baik lagi menanggulangi kemiskinan dan kejahatan dinegara ini.

Didalam surat An-nisa ayat 58 juga menjelaskan bahwa kita harus menetapkan hukum diantara manusia dengan seadilnya karena Allah melihat dan mendengar segala sesuatu yang kita lakukan.

 

Sungguh, Allah menyuruhmu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan apabila kamu menetapkan hukum di antara manusia hendaknya kamu menetapkannya dengan adil. Sungguh, Allah sebaik-baik yang memberi pengajaran kepadamu. Sungguh, Allah Maha Mendengar, Maha Melihat.( An-nisa ayat 58 )

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan