Mohon tunggu...
Reni
Reni Mohon Tunggu... Mahasiswi

Saya adalah mahasiswi semester 6 jurusan Perbankan Syariah di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Dan saya seorang pribadi yang ceria dan friendly dalam bergaul dengan siapa pun. Saya senang membangun hubungan yang positif dan mudah beradaptasi dengan lingkungan baru. Selain itu, saya memiliki hobi bermain badminton yang tidak hanya menjadi sarana olahraga, tetapi juga menjadi cara saya melatih semangat, sportivitas, dan kerja sama tim. Dengan kepribadian yang terbuka dan semangat yang tinggi, saya selalu berusaha memberikan energi positif di setiap kesempatan..

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Meningkatkan Inovasi dan Efisiensi di Era Digital : Studi Penerapan Knowledge Management di Bank BJB Syariah

29 Juni 2025   23:29 Diperbarui: 29 Juni 2025   23:29 137
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://images.app.goo.gl/MjyfExPRULGPeRUT8

Dibuat Oleh : RENI

Mata Kuliah : Manajemen Strategik

Dosen Pengampu : Bapak. Dr. H. Syaeful Bahri, S. Ag, MM, CHCM

Sebagai seorang mahasiswa perbankan syariah yang sedang menempuh mata kuliah Manajemen Strategi, saya memilih untuk mengkaji materi tentang Knowledge Management (KM). Topik ini saya angkat karena saya melihat pentingnya pengelolaan pengetahuan sebagai kunci utama dalam mendorong inovasi dan efisiensi, terutama di era digital yang penuh tantangan. Dalam artikel ini, saya akan membahas bagaimana penerapan Knowledge Management menjadi faktor penentu kesuksesan inovasi dan efisiensi operasional, dengan mengambil studi kasus Bank BJB Syariah sebagai contoh nyata implementasi KM di industri perbankan syariah Indonesia.

 

Pendahuluan

Bank BJB Syariah merupakan bagian dari Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten yang berfokus pada layanan perbankan sesuai prinsip syariah. Dalam menghadapi tantangan digitalisasi, bank ini memerlukan sistem pengelolaan pengetahuan yang efektif agar dapat meningkatkan layanan, mempercepat pengambilan keputusan, dan mendorong inovasi produk serta proses bisnis.

Di era digital yang serba cepat dan kompetitif, inovasi dan efisiensi menjadi kunci utama bagi perusahaan, termasuk institusi perbankan syariah seperti Bank BJB Syariah. Salah satu pendekatan strategis yang dapat mendukung hal ini adalah penerapan Knowledge Management (KM) atau manajemen pengetahuan. Artikel ini akan membahas bagaimana Bank BJB Syariah menerapkan KM untuk meningkatkan inovasi dan efisiensi operasionalnya, sekaligus memberikan gambaran pentingnya KM di era digital.

Apa Itu Knowledge Management?

Secara sederhana, Knowledge Management adalah proses sistematis untuk menciptakan, mengelola, membagikan, dan memanfaatkan pengetahuan dalam suatu organisasi. Tujuannya adalah agar pengetahuan yang dimiliki individu maupun kelompok dapat diakses, digunakan, dan dikembangkan untuk mendukung tujuan organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun