Mohon tunggu...
Gayahidup

Skill yang Minin Medsos Harus Miliki

9 Mei 2018   06:33 Diperbarui: 9 Mei 2018   07:29 371 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Skill yang Minin Medsos Harus Miliki
tombow-png-5af231e3dd0fa84c1920cb62.png

Promosi kini tak hanya dilakukan dalam bentuk cetak maupun lewat media luar luang namun ada peluang promosi yang lebih luas dari itu. Media promosi ini adalah melalui media sosial yang dapat kita gunakan secara mudah. Ia dapat menjangkau target pasar produk kita sendiri secara luas, tak terbatas di satu lokasi saja selain itu ia juga membutuhkan sedikit budaya. 

Media sosial bisa menjadi sebuah senjata pamungkas bagi para pebisnis dalam memperkenalkan dan menjual produk-produknya asalkan mereka dapat menggunakannya dengan baik. Untuk memaksimalkan fungsi media sosial maka perusahaan perlu memperkejakan seorang admin media sosial yang handal.

Admin yang Baik

Admin media sosial yang kerap kita panggil dengan sebutan mimin rupanya memiliki pekerjaan yang tak mudah. Berikut tugas-tugas yang harus mimin kerjakan.

  • Ia harus bisa membuat strategi pemasaran secara online tiap harinya, misalnya ia harus mengunggah topik yang sesuai dengan target pasar, membuat lalu mengunggah konten ke akun media sosial seperti video/gambar dengan caption yang menarik, melihat kecenderungan para pengguna media sosial sehingga dapat dipakai untuk merencakan strategi pemasaran selanjutnya, mengembangkan awareness orang-orang terhadap produk, dll
  • Mimin harus bisa menjadi seorang PR yang baik di media sosial karena ia akan merespon komentar atau menjawab pertanyaan dari orang-orang seputar produk ketika dibutuhkan
  • Memonitor ancaman yang akan diterima produk dari akun kompetitor

Kemampuan tersebut perlu dimiliki oleh seorang mimin supaya dapat mendongkrak reputasi produk sehingga mendapatkan tempat dihati konsumen.

Konten yang Baik

Media sosial yang memiliki konten media sosial yang baik adalah yang 80% konten regular dan 20% baru konten yang menjual. Artinya kita jangan terlalu terang-terangan ketika menjual  produk kita dan juga kita perlu mengasah kreativitas supaya engagement tinggi dalam akun media sosial kita.

  • Buat konten yang berpusat pada konsumen, maksudnya adalah konten yang kita unggah harus bisa relate dengan konsumen kita
  • Terus unggah mengenai kegiatan terkini perusahaan, hal ini bertujuan supaya konsumen mengetahui kegiatan apa saja yang sedang perusahaan lakukan misalnya sedang melakukan donasi atau CSR
  • Unggah konten yang direct link ke akun media sosial perusahaan yang lain, hal ini perlu dilakukan supaya engagement semua akun media sosial perusahaan tinggi

Tombow USA dalam Menggunakan Media Sosial

Tomow adalah sebuah perusahaan asal jepang yang menyediakan berbagai alat tulis menulis untuk kepentingan kantor, kerajinan, dan kesenian. Bagi mereka yang aktif dan suka dengan kegiatan lettering merk Tombow tentunya sudah tak asing ditelinga mereka.

Tombow USA merupakan salah satu distributor resmi dan saat ini Tombow USA sudah memiliki beberapa akun media sosial yaitu Instagram, Twitter, dan Youtube. Jumlah follower akun Instagram Tombow adalah sebanyak 301.000 follower. Akun Twitter nya memiliki 7.603 follower dan Tombow juga memeliki 14.907 subscriber diakun Youtube-nya. Akun dengan jumlah follower terbanyak adalah Instagram, mengingat saat ini popularitas Instagram sedang dipuncak sehingga banyak orang yang menggunakannya.

Tombow USA melihat hal tersebut sebagai sebuah peluang sehingga mereka memanfaatkan akun Instagram semaksimal mungkin. Konten yang diunggah di Instagram semuanya sudah menerapkan konsep konten yang baik di poin pertama dan kedua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x