Mohon tunggu...
Cucum Suminar
Cucum Suminar Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Kompasianer

Belajar dari menulis dan membaca. Twitter: @cu2m_suminar

Selanjutnya

Tutup

Lingkungan Pilihan

Kita, Gelombang Panas dan Net Zero Emissions

24 Oktober 2021   12:48 Diperbarui: 24 Oktober 2021   13:02 165 9 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Menuju net zero emission. | Foto diambil dari tropis.co

India: Hidup di suhu 50C

Beberapa hari lalu saya melihat video yang dibagikan BBC News Indonesia di lini masa media sosial Facebook. Melalui video tersebut diperlihatkan bagaimana orang India menyiasati gelombang panas di tengah pandemi Covid-19.

Mereka melakukan banyak hal. Salah satunya mengecat atap rumah dengan warna putih. Warna tersebut dipercaya dapat memantulkan panas, sehingga udara panas yang menyesakan di dalam rumah diharapkan dapat sedikit berkurang. 


Perubahan iklim yang menyebabkan peningkatan suhu udara sepertinya memang sedang hangat dibicarakan. Beberapa waktu sebelumnya, saya juga membaca perdebatan warganet di twitter mengenai kota-kota dengan suhu udara panas di Indonesia.

Para netizen tersebut saling menampilkan tangkapan layar suhu udara di kota masing-masing. Meski panasnya tidak seekstrem India, tapi lumayan lho. Ada yang menampilkan tangkapan layar dengan suhu udara 40 hingga 43 derajat celcius. Entah betul kenyataannya seperti itu, entah tangkapan layar tersebut sudah diedit.

Namun, saya pribadi yang saat ini tinggal di Batam, Kepulauan Riau, memang merasakan sendiri, beberapa waktu terakhir ini cuaca terasa lebih panas. Menyengat. Saking panasnya, terkadang membuat kepala terasa berdenyut pusing bila terlalu lama berada di luar ruangan dan terpapar matahari langsung.

Suhu Bumi Naik?

Berdasarkan keterangan Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati, yang dilansir liputan6.com, beberapa kota besar di Indonesia memang mengalami kenaikan suhu dalam beberapa waktu terakhir.

Apakah bumi semakin panas? | Gambar SHUTTERSTOCK/ParabolStudio diambil dari kompas.com
Apakah bumi semakin panas? | Gambar SHUTTERSTOCK/ParabolStudio diambil dari kompas.com

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Lingkungan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan