Mohon tunggu...
Maria Silviany Cahya Serang
Maria Silviany Cahya Serang Mohon Tunggu... Mahasiswa Sistem Informasi UAJY

Saya adalah Mahasiswa Sistem Informasi Universitas atma Jaya Yogyakarta yang memiliki minat dalam menulis dan berbagi pemikiran. Saya percaya bahwa tulisan adalah salah satu cara untuk menyuarakan ide dan memberi dampak positif kepada masyarakat.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Kelas Interaktif Scratch di SMP Pangudi Luhur Sedayu: Menumbuhkan Kreativitas Digital dan Logika Anak Muda

12 Juni 2025   18:47 Diperbarui: 12 Juni 2025   19:35 262
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tim Pengabdian Mahsiswa Sistem Informasi UAJY bersama siswa/i SMP Pangudi Luhur Sedayu dalam pelatihan kelas interaktif Scratch. 

Mengajak Anak Muda Melek Teknologi Sejak Dini

Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, literasi pemrograman menjadi salah satu keterampilan penting yang perlu diperkenalkan sejak usia sekolah. Menjawab tantangan itu, kami mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di SMP Pangudi Luhur Sedayu.

Kegiatan ini bertajuk "Kelas Interaktif: Eksplorasi Kreativitas Digital dengan Scratch", yang dirancang untuk memperkenalkan pemrograman visual kepada siswa dengan pendekatan menyenangkan, kreatif, dan aplikatif.

Mengapa Scratch? 

Scratch adalah platform pemrograman visual berbasis blok yang ramah anak. Cukup dengan metode drag-and-drop, siswa bisa menciptakan game, animasi, dan proyek interaktif tanpa perlu mengetik baris kode rumit.

Melalui Scratch, siswa dilatih untuk berpikir logis, memecahkan masalah, dan menuangkan ide kreatif mereka dalam bentuk digital.

Langkah-langkah Pelaksanaan

Kegiatan ini dilaksanakan secara sistematis melalui empat tahapan utama:

  1. Survei dan Wawancara
    Mengetahui kebutuhan siswa SMP Pangudi Luhur Sedayu dan harapan pihak sekolah terhadap pelatihan teknologi.

  2. Perancangan Modul
    Tim menyusun modul interaktif bertema "Eksplorasi Kreativitas Digital dengan Scratch" yang disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman siswa SMP.

  3. Pelaksanaan Pelatihan dalam Lima Pertemuan
    Setiap pertemuan mengangkat tema berbeda:

    • Pengenalan Scratch

    • Animasi Dasar

    • Game Sederhana

    • Proyek Kreatif

    • Presentasi Hasil

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun