Mengajak Anak Muda Melek Teknologi Sejak Dini
Di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital, literasi pemrograman menjadi salah satu keterampilan penting yang perlu diperkenalkan sejak usia sekolah. Menjawab tantangan itu, kami mahasiswa Program Studi Sistem Informasi Universitas Atma Jaya Yogyakarta menggelar kegiatan pengabdian masyarakat di SMP Pangudi Luhur Sedayu.
Kegiatan ini bertajuk "Kelas Interaktif: Eksplorasi Kreativitas Digital dengan Scratch", yang dirancang untuk memperkenalkan pemrograman visual kepada siswa dengan pendekatan menyenangkan, kreatif, dan aplikatif.
Mengapa Scratch?Â
Scratch adalah platform pemrograman visual berbasis blok yang ramah anak. Cukup dengan metode drag-and-drop, siswa bisa menciptakan game, animasi, dan proyek interaktif tanpa perlu mengetik baris kode rumit.
Melalui Scratch, siswa dilatih untuk berpikir logis, memecahkan masalah, dan menuangkan ide kreatif mereka dalam bentuk digital.
Langkah-langkah Pelaksanaan
Kegiatan ini dilaksanakan secara sistematis melalui empat tahapan utama:
-
Survei dan Wawancara
Mengetahui kebutuhan siswa SMP Pangudi Luhur Sedayu dan harapan pihak sekolah terhadap pelatihan teknologi. Perancangan Modul
Tim menyusun modul interaktif bertema "Eksplorasi Kreativitas Digital dengan Scratch" yang disesuaikan dengan usia dan tingkat pemahaman siswa SMP.Pelaksanaan Pelatihan dalam Lima Pertemuan
Setiap pertemuan mengangkat tema berbeda:Pengenalan Scratch
Animasi Dasar
Game Sederhana
Proyek Kreatif
Presentasi Hasil