Mohon tunggu...
Teknologi

Teknik Informatika Sumber Kehidupan Masa Depan

4 November 2018   08:00 Diperbarui: 4 November 2018   21:00 1001 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Teknik Informatika Sumber Kehidupan Masa Depan
www.123rf.com

Teknologi Informasi dan Komunikasi menjadi jantung dari kehidupan masa kini. Bagaimana tidak? Sekarang ini, seluruh sendi - sendi kehidupan, dari hal kecil hingga hal besar, memerlukan teknologi untuk mempermudah pekerjaan. 

Percaya atau tidak, teknologi modern mendominasi komunikasi masyarakat saat ini. Hal ini memengaruhi cara individu berpikir, bertindak dan bagaimana masyarakat mengatur diri mereka dalam beraktivitas.

Pengaruh lain dari kemajuan teknologi adalah masyarakat menjadi kritis dan tanggap terhadap hal yang sedang berkembang. Contohnya, kegiatan komunikasi yang sebelumnya menuntut peralatan yang begitu rumit, berganti dengan perangkat mesin-mesin otomatis. Dengan demikian, kegiatan komunikasi menjadi lebih cepat, mudah, dan menghemat waktu. Oleh karena itu, dibutuhkan orang yang mampu mengembangkan dan menyebarkan teknologi tersebut.

Untuk menjaga agar teknologi informasi dan komunikasi dapat terus meningkat, maka dibutuhkan wajah - wajah lulusan teknik informatika untuk menyalurkan potensi serta ide - ide atau pemikiran mereka. Teknik informatika adalah salah satu program studi yang memfokuskan pada teknik penanganan masalah transformasi atau pengolahan fakta -fakta simbolik dengan memanfaatkan teknologi komputer. Untuk proses pembelajaran, program studi teknik informatika mempelajari cara - cara membuat sebuah program yang dapat membantu manusia dalam menyelesaikan pekerjaan dengan efisien.

Pada prodi ini akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, kemudian merealisasikan ide tersebut, memecah fungsi-fungsi, dan menciptakan struktur instruksi yang sangat detil dalam bahasa pemprograman untuk memerintahkan komputer apa saja yang harus dilakukan. 

Oleh sebab itu, mahasiswa jurusan teknik informatika dibantu untuk menguasai keterampilan rekayasa informatika yang berlandaskan kemampuan untuk memahami, menganalisis, menilai, menerapkan, serta menciptakan piranti lunak (software) dalam pengelolahan data dengan komputer.

Pada dasarnya, untuk menjadi mahasiswa teknik informatika, paling tidak, paham terhadap logika dan matematika. Sebab, mahasiswa teknik informatika menghabiskan sebagian besar waktunya untuk membuat sebuah program, dan program itu sendiri merupakan pengaplikasian dari logika dan matematika atau yang bisa disebut juga dengan algoritma. Selain itu, ada beberapa sikap yang mencerminkan karakter mahasiswa teknik informatika, yaitu teliti, detil, rasional, senang berhitung, senang bekerja sendiri, senang memecahkan masalah, tekun, kritis, tersruktur, senang menganalisis, dan senang melakukan riset.

Kini, teknik informatika menjadi salah satu jurusan yang paling banyak diincar oleh mahasiswa di seluruh Indonesia. Meningkatnya minat masyarakat terhadap teknik informatika disebabkan oleh beberapa faktor. Pertama, penghasilan dari seorang lulusan di bidang komputer menawarkan gaji yang "menggiurkan". Berdasarkan hasil survei, penghasilan terendah dari seorang lulusan teknik informasi sekitar Rp.5jt per bulan.

Kedua, kemajuan teknologi sedang berkembang dengan cepat. Menurut Bureau of Labor and Statistic (BLS), bidang Informatika adalah salah satu profesi yang akan tumbuh sangat pesat antara 2014-2024 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata sebesar 12%, diatas rata-rata bidang profesi pada umumnya. 

Hal ini menyebabkan peluang kerja untuk teknik informatika sangat besar sehingga sebagian besar perusahaan membutuhkan tenaga ahli di bidang pemprograman atau komputer. Lulusan teknik informatika memiliki prospek kerja yang sangat bervariasi, misalnya Soft Engineer and Developer (pengembang perangkat lunak), analis, konsultan, ahli jaringan, keamanan sistem dan jaringan serta bertanggung jawab mengkoordinasikan pembangunan, pemeliharaan, dan perluasan sistem komputer dalam sebuah organisasi.

Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, harapannya, dapat digunakan dengan bijaksana dan bertanggung jawab serta dimanfaatkan untuk pengembangan berbagai hal yang sifatnya positif.

VIDEO PILIHAN