Mohon tunggu...
Rama Nuansa
Rama Nuansa Mohon Tunggu... Jurnalis - Jurnalis

Wa: 082137191548, (civil, cakap, jurnalism, terpercaya, independent)

Selanjutnya

Tutup

Wisata Pilihan

Mandalika dan Seisinya, Patut Diperkenalkan di Mata Dunia

18 November 2021   22:05 Diperbarui: 18 November 2021   22:11 144 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Jogjakarta, CCKJMPNG - Berbicara wisata di tanah nusantara tidak pernah habisnya, melihat Indonesia memiliki daya tarik yang luar biasa. Termasuk Mandalika yang kini menjadi buah bibir di jagad maya. 

Indonesia yang menjadi perhelatan balap motoGp World di tahun 2022 mendatang. Tak hanya pemerintah tetapi warga lombok sendiri diharapkan dapat bersumbangsih. 

Perhelatan di tahun 2021 ini ternyata menyimpan sebuah rahasia wisata yang perlu diketahui. Kemilau pasir pantai sendiri menjadi sight mandalika. 

Konsep tourism from mandalika menjadi event pertama di Indonesia saja perbalapan kendaraan. Wisata diharapkan mampu mendorong perekonomian warga di mandalika itu sendiri. 

Mandalika sendiri diambil dari kata nama seorang putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting. Keduanya adalah pemimpin kerajaan yang berkuasa di Gumi Sasak (Tanah Sasak) pada zaman dahulu kala.

Singkat Cerita, selain menawan Putri Mandalika juga dikenal baik bagi penduduk kala itu. Tak heran, masyarakat serta pangeran dari banyak kerajaan setempat amat mencintai sang putri. Bahkan kabarnya, banyak pangeran yang tergila untuk meminang adinda putri Mandalika. 

Dari sebab inilah, Putri Mandalika gamang. Karena tak ingin ada perseteruan di Tanah Sasak lantaran persaingan memperebutkan dirinya, sang putri akhirnya mengundang seluruh pangeran ke Bukit Seger dan memutuskan menerima lamaran mereka.

Usai perkataan terlontar dari bibirnya, Putri Mandalika menjatuhkan diri dari atas bukit ke laut. Rakyat berusaha mencari jasad sang putri, bagai hilang ditelan bumi. 

Mereka malah menemukan nyale atau cacing berwarna-warni. Sehingga Nyale di percayakan sebagai hewan jelmaan Putri Mandalika.

Singkat cerita tersebut tergambarkan pada tarian budaya warga mandalika. Potensi wisata menjadi bak surga tersembunyi di wisatanya. Berikut Hide Paradise yang dimaksudkan penulis. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Wisata Selengkapnya
Lihat Wisata Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan