Mohon tunggu...
Chaerul Sabara
Chaerul Sabara Mohon Tunggu... Insinyur - Pegawai Negeri Sipil

Suka nulis suka-suka____

Selanjutnya

Tutup

Musik Pilihan

Kenny G, Saxofon, dan Inspirasi

8 Oktober 2021   19:31 Diperbarui: 8 Oktober 2021   19:47 104 21 3
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Foto: Album Kenny G/Arista Records   via: discogs.com

Alunan lembut suara saxafon dalam irama smooth jazz, mengalun indah dari pengeras suara di sebuah mall. Lagu instrumentalia yang tak pernah menjadi asing di telingaku, Sillhouete yang dibawakan secara apik dan begitu melankolis oleh Kenny G.

Tiupan saxafon Kenny G ini memang maut, meski terkesan melankolis dan juga sentimentil namun penuh kekuatan inspirasi, malam yang sepi dan sedikit membosankan yang kurasakan tiba-tiba sirna, ada nuansa hangat yang lembut mengalir bersama nada-nada halus tembang Sillhouete.

Para pencinta musik jazz tentu sangat mengenal siapa pemain saxafon yang terlahir dengan nama Kenneth Bruce Gorelick pada 5 Juni 1956, di Seattle, Washington ini.

Kenny G menjadi terkenal pada pertengahan 1980-an dengan suara jazz halus khasnya. Dia adalah musisi instrumental terlaris di era modern.

Pemain saksofon Kenny G mulai bermain secara profesional pada usia 17 tahun, saat ia tampil bersama Barry White dengan Love Unlimited Orchestra miliknya. Kenny G lantas memilih bersolo karir dengan merilis album solo debutnya pada tahun 1982, dan menjadi terkenal secara internasional setelah merilis album keempat Duotones pada tahun 1986. 

Album berikutnya Sillhoutte, termasuk Breathless dan Miracles, membantu menjadikannya salah satu artis terlaris sepanjang masa. Kenny G juga memenangkan Grammy Award pada tahun 1994, dan pada satu titik memegang rekor dunia untuk nada berkelanjutan terpanjang pada saxofon.

Kenny G yang lahir dari orangtua keturunan Yahudi, dibesarkan di lingkungan Seward Park di Seattle, pusat komunitas Yahudi di kota itu. Dia mulai tertarik pada musik dan mulai bermain saxofon pada usia 10 tahun. Dia melanjutkan dengan instrumen di masa remajanya, sambil jatuh cinta dengan suara R&B dari grup populer seperti Earth Wind & Fire.

Pada tahun 1973, pada usia 17 tahun, Kenny G sudah disewa oleh Barry White untuk bermain dengan Love Unlimited Orchestra di Paramount Northwest Theatre di Seattle. Pertunjukan dengan White dan bandnya adalah yang pertama dari beberapa pemain saksofon, bersama itu pula iapun mengubah namanya menjadi Kenny G yang melekat dan terkenal hingga sekarang.

Setelah lulus dari Franklin High School, Kenny G mengikuti dua jalur karir yang berbeda: Dia mendaftar di University of Washington untuk belajar akuntansi, sementara juga terus mengejar karir di bidang musik. Selain bermain dengan Barry White, Kenny G merekam dengan band funk Seattle Cold, Bold & Together. Kemudian, dia terhubung dengan Jeff Lorber Fusion, merekam album bersama grup dan bermain dengan mereka dalam tur.

Pada tahun 1982, Kenny G menandatangani kesepakatan dengan Arista Records, dan merilis album debut self-titled-nya "Kenny G". Mencapai keseimbangan antara jazz dan R&B, rekaman tersebut menandai awal yang solid untuk karir solonya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Musik Selengkapnya
Lihat Musik Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan