Mohon tunggu...
Christoper Ravael Budiono
Christoper Ravael Budiono Mohon Tunggu... Pelajar Sekolah - Pelajar

Selamat datang di profile saya

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Aku dan Pengalamanku di Tahun 2021

28 Januari 2022   11:52 Diperbarui: 28 Januari 2022   11:55 666
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Memori, merupakan sebuah pengalaman hidup yang dialami semua orang setiap tahunnya. Setiap tahunnya memori melukis kenangan dan kesan berbeda, sehingga melahirkan sebuah memori yang istimewa dalam hati setiap orang.

Semua orang pasti memiliki kenangan setiap harinya, baik itu kesan yang baik maupun kesan yang buruk. Tetapi, pernahkah kita menyadari bahwa hari-hari yang kita lewati itu menambah memori dalam hidup kita?. Seolah setiap harinya kita sedang menambahkan sebuah file dokumen yang dimasukkan kedalam folder. Tentu dalam hati dan pikiran kita, file itu kita kategorikan kedalam folder yang memiliki nama-nama yang berbeda.

Setiap orang pasti mempunyai memori yang berbeda-beda dalam hidupnya. Mungkin dalam kehidupan saya, satu kata yang dapat mendeskripsikan tahun ini adalah rintangan. 

Rintangan, karena tahun ini bukanlah tahun yang memanjakan kepribadian saya. Tahun ini adalah tahun dimana pribadi saya didik untuk menjadi pribadi yang lebih kuat, Tangguh, dan tidak takut untuk mencoba.

Bagi saya, warna warni tahun 2021 adalah ketika saya bisa mencoba banyak hal baru yang belum pernah saya gali sebelumnya. Saya sangat bersyukur bahwa di tahun ini saya dapat mulai untuk berbisnis, mengikuti banyak sekali webinar, mencoba banyak makanan baru, serta belajar untuk hidup membaur dengan orang lain.

Saya belajar di tahun ini, bagaimana kita dapat membangun bisnis di situasi pandemi. Salah satu hal yang bisa disyukuri adalah di tahun 2021 saya bisa memiliki keberanian untuk membangun dan membuka bisnis di online shop. Meskipun saya hanya menjual beberapa barang yang tidak terpakai, namun saya bangga pada diri saya untuk bisa memiliki keberanian.

Bagi saya, hal yang paling berkesan diantara semua pengalaman saya di tahun 2021 adalah ketika saya bisa membangun bisnis bersama teman sekelas saya. 

Meskipun bisnis ini hanyalah sebuah tugas sekolah pada mata pelajaran PKKewirausahaan, namun saya belajar banyak sekali hal. Saya dan teman-teman saya membangun sebuah bisnis yang bernama Kripik Brisik. 

Bisnis tersebut telah direncanakan untuk dijual sejak awal Agustus 2020. Kripik Brisik telah mengajarkan saya banyak hal, mulai dari perencanaan membangun sebuah bisnis, bekerjasama sebagai tim, dan juga bagaimana bisa membangun brand awareness pada masyarakat.

Dokumen Pribadi
Dokumen Pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun