Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

"The Helix Brigde", Sebuah Simpul DNA yang Berpendar

23 September 2022   10:45 Diperbarui: 23 September 2022   11:27 35 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
The Helix Bridge, jembatan bersimpul DNA Singapore tahun 2022/Dokumentasi pribadi

By Christie Damayanti

"The Helix Bridgeatau Jembatan Helix, (Jembatan Double Helix), adalah jembatan pejalan kaki yang menghubungkan Marina Centre dengan Marina South di daerah Marina Bay di Singapore. Secara resmi dibuka pada 24 April 2010 pukul 9 malam; namun, hanya setengah yang dibuka karena konstruksi yang sedang berlangsung di Marina Bay Sands.

Terletak di samping Jembatan Benjamin Sheares dan disertai dengan jembatan kendaraan, yang dikenal sebagai Jembatan Bayfront. Seluruh jembatan dibuka pada 18 Juli 2010 untuk melengkapi seluruh jalan setapak di sekitar Marina Bay. Wikipedia.

Pertama kali aku menyusuri Jembatan Helix ini, tahun 2012 juga pertama kali aku terbang ke luar negeri setelah terserang stroke di tahun 2010 di San Francisco. Aku memng sengaja ke Singapore, untuk mencoba dan melatih otakku untuk pemulihanku.

Dengan banyak diskus dengan dokter2 syaraf ku di Amerika dan di Jakarta, akhirnya aku mendapat ijin untuk terbang ke Singapore. Mengapa Singapore?

Karena, ini adalah Negara terdekat dari Jakarta, tidak jauh dan tidak terbang tinggi. Dimana otak seorang pasca stroke, sangat rentan dengan tekanan2, dimana bisa saja aku tiba2 dropt lagi. Dan, karena aku seorang traveler yang selalu ingin keliling dunia berkali2, aku harus melatih otakku untuk bisa terbang jauh dan tinggi dari permukaan bumi.

Aku masih ingin keliling dunia ke berbagai Negara jauh, dimana itu bisa membahayakan otakku yang memang sudah cacat.

Sebelum serangan stroke tahun 2010 di Amerika waktu itu, terakhir aku ke Singapore adalah tahun 2008 dan 2009, dimana Jembtan Helix belum ada. Jadi, ketika aku ke Marina Bay dan melihat jembatan ini terpampang di depanku, naluri arsitekku benar2 tertantang ......

Beberapa referensi tentang Jembatan Helix ini, aku baca dengan seksama, karena konsepnya menagn unik! Mengapa unik?

Iya, memang unik, karena begitu melihat jembatan itu, sebelum aku tahu konsepnya, jembatan itu seperti ular yang melingkar2, saling berbelit2. Tetapi semakin dekat aku melihat bukan ular, melainkan ulir2an besi beton, dengan titik2 simpulnya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan