Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Dilema Paralimpiade, Benarkah Disabilitas Mampu Mencapai Perubahan Sosialnya?

1 September 2021   21:33 Diperbarui: 1 September 2021   21:35 80 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
www.disabilityhorizon.com 

By ChristiebDamayanti

Paralimpiade Tokyo 2020 digunakan sebagai dasar yang salah satunya. bertujuan menghapus diskriminasi yang dihadapi oleh penyandang disabilitas.

Bersama dengan sejumlah organisasi olahraga, hak asasi manusia, tujuannya adalah untuk menciptakan lebih banyak peluang dan aksesibilitas yang lebih besar, bagi penyandang disabilitas.

Tetapi, banyak yang mempertanyakan sejauh mana Paralimpiade dapat memberdayakan penyandang disabilitas dan menciptakan perubahan sosial yang berarti.

Visi Paralimpiade sendiri adalah untuk menciptakan masyarakat yang lebih inklusif melalui pertandingan2.

Tapi bisakah acara olahraga elit yang berlangsung dua minggu, setiap empat tahun, benar-benar mencapai perubahan sosial yang berarti?

Catatan :

Ketika aku menjadi seorang disabilitas sejak tahun 2010 karena serangan stroke berat yang menyebabkan kelumpuhan tubuh kananku, aku sudah berjuang keras untuk disabilitas.

Berdaya untuk memberdayakan mereka, berjuang untuk memberikan bayak bukti pada msyrakat bahwa disabilitas2 membutuhkan banyak hal, apalagi tentang fasilitas2 disabilitas.

Aku banyak menulis dan aku sudah punya 2 buku tentang kosep2 fasilitas disabilitas untuk teman2 disabilitas. Aku share ke dunia, bahkan 2 tahun ini sejak tahun 2017 sampai 2019 (sebelum pendemi), aku menyelenggarkan even besar "Disability Awareness 1 sampai 6".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan