Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Catatanku di Beberapa Stasiun MRT Jakarta, sebagai Arsitek dan Disabilitas

9 Juni 2021   15:04 Diperbarui: 9 Juni 2021   15:10 117 7 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Catatanku di Beberapa Stasiun MRT Jakarta, sebagai Arsitek dan Disabilitas
Dokumentasi pribadi - Space antara peron dan kereta, tidak terlalu lebar, yang bisa membuat aku naman di atas kursi roda ajaibku, tanpa bantuan "tamp mobile"

By Christie Damayanti

Masih cerita seputar stasiun MRT, ketika aku berkesempatan naik MRT ditemani mas Ivan, aku mengmati dan mencatat beberapa hal yang memang harus diperbaiki, walau aku tahu ini sudah sangat berubah dibanding dengan tahun2 sebelumnya.

Setelah cerita "jalur kuning" yang berubah menjadi "jalur abu2 gelap" pada artikel sebelum ini, mungkin ada baiknya manajemen MRT lebih mempelajari secara mendetail bagi kebutuhan disabilitas.

Karena, pada kenyataannya, instansi dan pengembang di Jakarta sudah banyak mengclaim bahwa produknya sudah "ramah disabilitas".

Ya ....

Memang ketika selembar kertas mengatakan bahwa ada semua fasilitas disabilitas, semua di centang. Tetapi, yakinkah bahwa fasilitas2 itu bisa nyaman untuk kami pakai sebagai end-user kaum disabilitas?

BELUM TENTU !!!

Mengapa aku bisa yakin demikian?

Ya, karena aku datang sendiri untuk membuktikan. Cek-list. Dan, aku sebagai arsitek serta duduk di kursi roda, akan terus melakukan cek-list seperti ini, untuk melebarkan sayap tentang kepedulian disabilitas.

Bahwa, peduli disabilitas bukan hanya membangun fasilotas2 disabilitas secara fisik ada saja, tetapi bagaimana membangun fasilitas diabilitas yang benar2 bisa digunakan dengan aman dan nyaman, bukan asal2an saja ......

Karena pada kenyataannya, sebagian bangunan atau fasilitas2 disabilitas di ruang public ini, di Jakarta hanya basa basi saja dan "asal ada saja!".

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN