Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Arsitektur Gothic "Big Ben", Heritage London dan Desain Modern "London Eyes"

14 Januari 2021   13:59 Diperbarui: 14 Januari 2021   14:11 105 3 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Arsitektur Gothic "Big Ben", Heritage London dan Desain Modern "London Eyes"
www.wikimedia.org- Jam besar Big bend an Istana Westmintser, salah satu landmark kota London

By Christie Damayanti

Tahu jam besar yang menjadi landmark kota London?

Ya, Big Ben. Jam besar sebagai salah satu landmark kota London


Big Ben adalah julukan untuk Lonceng Besar dari jam yang mencolok di ujung utara Istana Westminster.. Nama resmi menara tempat jam besar itu adalah Big Ben.

Menara ini berdiri setinggi 96 meter, dan pendakian dari permukaan tanah ke menara lonceng bergantung adalah 334 anak tangga. Dial jam ini berdiameter 7,0 meter, dengan latar berbentuk bujur sangkar. Pada tanggal 31 Mei 2009, perayaan diadakan untuk menandai ulang tahun ke 150 menara tersebut. Wikipedia.

 

www.fr.wikipedia.org - Diameter jam besar Big Ben dengan latar bujursangkar, detail langgam arsitektural Gothic
www.fr.wikipedia.org - Diameter jam besar Big Ben dengan latar bujursangkar, detail langgam arsitektural Gothic
                                                                                                                                   
Menara ini, degan Istana Westminster nya, terletak sesisian dengan Sungai Thames, merupakan salah satu titik wisata paling terkenal si kota London. Tentuanya salah satu destinasi kami sewaktu kami berada di London.

Selesai pada tahun 1859, menara ini dirancang dengan gaya arsitektural Gothic Pugin yang terkenal. Dibangun menggunakan batu bata yang dibalut di bagian luar dengan batu kapur Anston berwarna pasir dari South Yorkshire, diatapi oleh puncak menara yang ditutupi ratusan atap besi cor.  

Jaman itu belum ada AC, sehingga Big Ben sendiri mempunyai lubang2 ventilasi diujung atas, untuk udara segar yang mengalir ke sela2 Istana Westminster.

Ternyata, konsep arsitektural memang sudah terekam di jaman2 itu, walau konon kabarnya konsep ventilasi ini kurang berhasil, karena mungkin posisi dan lokasi serta besarnya ruangan. Akhirnya, ventilasi2 iu dijadikan cerobong asap.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN